Keutamaan Membaca Doa Setelah Bangun dari Rukuk

Alfatih-media.com-Rukuk adalah gerakan membungkuk dan diikuti dengan bacaan zikir dlaam salat. Rukuk tersebut adalah salah satu rukun dalam salat yang disertai tuma’ninah, tuma’ninah dalam rukuk ditandai dengan keadaan anggota tubuh yang tetap rukuk hingga cukup masa untuk membedakan rukuk dan bangun dari rukuk. Rukun salat yang ini mengajarkan manusia untuk merendahkan diri di hadapan Allah, serta salah satu cara membangkitkan rasa takut (khauf) kepada-Nya. Dalam hadisnya menyebutkan bahwa Rasulullah mengisyaratkan rukuk dalam salat itu disertai dengan tuma’ninah. Nabi bersabda:

إذا قمت إلى الصلاة فكبر واقرأ ما تيسر معك من القرآن، ثم اركع حتى تطمئن راكعا

Jika engkau hendak shalat, bertakbirlah dan bacalah apa yang engkau mampu dari Al Qur’an, lalu rukuk dengan tuma’ninah…” (HR. Bukhari Muslim).

Keterangan di atas menunjukkan bahwa rukuk dan tuma’ninah adalah  sepaket dalam gerakan salat.  Pernah suatu ketika  memerintahkan orang yang salat dengan keliru agar mengulangnya karena dia tidak bertuma`ninah, beliau mengumpamakan orang yang ruku’ tanpa tuma’ninah dengan ayam jantan yang mematok makanannya atau seperti burung gagak yang mematok bangkai. Beliau menyatakan bahwa orang yang tidak menyempurnakan ruku’ adalah pencuri terburuk. Semua ini menetapkan kewajiban tuma`ninah dalam rukuk.

Imam Nawawi juga sempat memaparkan perkara rukuk dan tuma’ninah dalam karyanya, Nashaihul Ibad. Dan beliau juga menyebutkan keutamaan seseorang yang berdoa setelah bangun dari rukuk. Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim menyebutkan sebagai berikut:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : “إذا قال الإمام سمع الله لمن حمده

فقولوا اللهم ربنا لك الحمد فإن من وافق قوله قول الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه” وفي رواية: فقولوا ربنا

ولك الحمد

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: jika Imam membaca “sami’allahu lima hamidah” maka bacalah kamu “Allahumma rabbana lakal hamdu”. Karena barangsiapa yang membacanya tepat bersamaan dengan bacaan para malaikat, maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhori Muslim)

Bacaan “rabbana lakal hamdu” yang biasa dibaca setelah rukuk rupanya memiliki keutamaan yang luar biasa. Pada saat yang sama  para malaikat juga membaca doa yang sama dan jika bacaan tersebut bersamaan dengan para malaikat maka Allah denga rahmat-Nya akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu. Doa tersebu terkesannya biasa saja, atau bahkan terlewati begitu saja ketika melaksanakan salat dalam kondisi tergesa-gesa. Namun siapa saja jika keutamaannya sungguh luar biasa.

Semoga kita senantiasa istiqamah membaca doa tersebut ketika bangun dari rukuk, baik ketika menunaikan salat itu kondisinya tenang atau tergesa-gesa. Karena keutamaannya terlalu indah jika dilewati begitu saja. (sumber:BincangSyariah.Com)

 

Latest Articles

Comments