Arab Saudi Dirikan Agen Promosi Investasi

Alfatih-media.com-Arab Saudi mendirikan sebuah badan untuk mempromosikan investasi di negara itu dengan tujuan utama reformasi ekonomi yang ambisius. “Otoritas Promosi Investasi Saudi akan menjadi pendukung kuat sistem investasi dalam usahanya mencapai tujuan National Investment Strategy dengan menarik investasi nasional dan asing,” tulis Menteri Investasi Khalid al-Falih di Twitter.

Menarik investasi asing adalah bagian penting dari rencana “Visi 2030” Arab Saudi untuk mengubah ekonomi eksportir minyak utama dan mengurangi ketergantungan pada pendapatan hidrokarbon.

Kementerian investasi mengatakan pekan lalu bahwa investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) naik 9,5 persen tahun-ke-tahun pada kuartal pertama menjadi hampir USD 2 miliar.

FDI pada tahun 2021 mencapai 72,3 miliar riyal (USD 19,3 miliar) dibandingkan USD 20,2 miliar pada tahun 2020, dibantu oleh kesepakatan USD 12,4 miliar oleh raksasa minyak Aramco untuk menjual saham di jaringan pipa minyaknya.

Strategi Investasi Nasional, sebuah rencana luas yang berupaya menarik lebih dari USD 3 triliun investasi ke dalam ekonomi domestik pada tahun 2030, bertujuan untuk mendatangkan lebih dari USD 100 miliar FDI setiap tahun pada pergantian dekade.

Kementerian Investasi mengatakan dalam sebuah tweet bahwa mandat badan baru termasuk memungkinkan integrasi dan kerja sama antar entitas dan memimpin merek dan platform digital Invest Saudi. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments