Tidak Ada Kasus Covid-19 Di Antara Jemaah Haji

Alfatih-media.com-Belum ada kasus virus corona yang dilaporkan di antara jemaah haji hingga saat ini, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Senin (19/7/2021).

“Kesehatan para jemaah meyakinkan, puji Tuhan, dan tidak ada infeksi virus corona atau penyakit apa pun yang mempengaruhi kesehatan masyarakat yang tercatat di antara mereka,” tulis Dr. Mohammed al-Abd al-Ali di Twitter.

Arab Saudi telah memberlakukan langkah-langkah ketat virus corona untuk memastikan bahwa semua orang aman setiap saat selama haji.

Ritual Islam ini biasanya menarik lebih dari 2,5 juta Muslim setahun ke Mekkah. Tahun ini, pihak berwenang telah membatasi jumlah orang yang diizinkan untuk mengambil bagian dalam haji hanya 60.000 orang.

Hanya warga negara dan penduduk Arab Saudi yang divaksinasi yang berusia antara 18 dan 65 tahun, tidak memiliki penyakit kronis, atau belum pernah melakukan haji sebelumnya yang diizinkan untuk mengikuti haji tahun ini.

Tahun lalu, hanya 10.000 orang yang tinggal di wilayah Saudi yang diberi izin.

Langkah-langkah jarak sosial telah diberlakukan selama ritual, termasuk jemaah yang mengelilingi Ka’bah (tawaf), ketika mereka berjalan atau berlari di antara bukit Safa dan Marwah, dan ketika mereka mengambil bagian dalam ritual lempar jumroh.

Para jemaah dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 20 orang, semuanya dipimpin oleh seorang pemandu, untuk memastikan bahwa mereka mematuhi protokol.

Halaman di sekitar Ka’bah juga berulang kali disanitasi sepanjang hari dan robot disiapkan untuk membagikan botol air Zamzam untuk mencegah berkerumun di sumur air. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments