Puluhan Warga Palestina di Yerusalem Timur Terluka pada Malam Lailatul Qadr

Alfatih-media.com-Sekitar 90.000 jamaah Muslim berdoa di Masjid Al-Aqsa di dekatnya pada malam Lailatul Qadr, ritual ibadah paling suci selama bulan puasa Ramadan.

Setelah ibadah itu, beberapa dari mereka tetap tinggal untuk memprotes rencana Israel secara paksa mengusir keluarga Palestina dari rumah mereka di tanah yang diklaim oleh pemukim ilegal Yahudi di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.

Bentrok tidak terelakkan, dan membuat 90 warga Palestina terluka setelah polisi Israel menindak pengunjuk rasa di luar Kota Tua Yerusalem Timur yang diduduki, Minggu (9/5/2021).

Petugas Israel yang menunggang kuda dan dengan perlengkapan anti huru-hara menembakkan granat kejut dan meriam air ke arah orang-orang Palestina yang pada balas melemparkan batu, menyalakan api, dan merobohkan barikade polisi di jalan-jalan menuju gerbang Kota Tua.

Pasukan keamanan Israel siaga tinggi pada hari Minggu (9/5/2021), bersiap untuk eskalasi lebih lanjut menjelang apa yang disebut Israel sebagai Hari Yerusalem. Banyak orang Israel menandai hari pendudukan Yerusalem Timur pada tahun 1967 - dan kemudian dianeksasi oleh Israel - dengan pawai di seluruh Yerusalem setiap tahun.

Sekitar 30.000 pemukim Yahudi diharapkan berpartisipasi dalam pawai menuju Gerbang Damaskus di Kota Tua pada hari Senin (10/5/2021). Gerbang akan ditutup untuk Palestina sampai 19:30 untuk “alasan keamanan”, kata polisi Israel. Sebanyak 3.000 pasukan akan dikerahkan.(berbagai sumber)

Latest Articles

Comments