Pemko Medan Canangkan Masjid Mandiri

Alfatih-media.com-Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mencanangkan program masjid mandiri di masjid Darul Jalal, Jalan Taut/Sukaria, Medan Tembung, Jumat (30/4/2021).

Pencanangan ini ditandai dengan penyerahan akta koperasi masjid Darul Jalal oleh Walikota kepada Ketua BKM Masjid tersebut, Indra Gunawan. Selain itu, Walikota juga menyalurkan bantuan yang diberikan Bank Syariah Indonesia berupa mesin ATM Beras berikut 1 Ton beras dan secara simbolis menyerahkan 100 kartu ATM kepada kaum dhuafa di sekitar masjid serta lima unit steling Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, program masjid mandiri ini salah satu janji yang disampaikan kepada masyarakat Medan sewaktu kampanye dulu.  Karena itu, tidak lama setelah dilantik, Walikota mendorong pimpinan OPD untuk mewujudkan program ini.

“Janji kampanye saya juga telah menjadi janji pimpinan OPD. Kalau tidak ditepati maka pimpinan OPD juga berdosa. Dan, Alhamdulillah, dua bulan setelah direncanakan dan dijalankan, pada hari ini kita berhasil mencanangkan masjid mandiri di Masjid Darul Jalal,” ungkap
nya.

Bobby menyebutkan, ada enam belas kriteria yang telah ditetapkan agar suatu masjid dapat dikategorikan masjid mandiri. Diantaranya, masjid tersebut memiliki sertifikat lahan dan bangunan.

Hari ini, salah satu persoalan masjid adalah legalitas dari lahan maupun bangunan. Karena itu, persoalan ini harus dituntaskan dengan semangat kebersamaan. Artinya, selain Pemko Medan, berbagai pihak dapat mendukung kesuksesan dari program masjid mandiri ini,” jelasnya.

Kriteria masjid mandiri lainnya, lanjut Wali Kota, selain menjadi tempat ibadah, masjid menjadi penggerak perekonomian dan peradaban.

“Masjid sebagai tempat ibadah itu sudah pasti. Namun, di masjid juga harus digerakkan peradaban. Masjid juga harus menjadi penggerak perekonomian masyarakat sekitar. Sebanyak 1.115 masjid yang ada di Medan merupakan potensi yang luar bisa untuk menjadi penggerak peradaban dan perekonomian umat,” sebut Wali Kota seraya mengatakan, semestinya perekonomian syariah itu pertama kali diperkenalkan dan dipraktikkan di masjid, bukan melalui perbankan.

Saat itu, Wali
kota juga berpesan kepada pengurus BKM Darul Jalal agar sungguh-sungguh menjalankan Program Masjid Mandiri ini.

"Salurkan bantuan kepada warga sekitar yang benar-benar membutuhkan, beri kesempatan berusaha kepada jamaah yang benar-benar ingin berusaha dan memiliki inovasi,"ujarnya. (ef/foto:ist)


 

Latest Articles

Comments