Kelompok Hak Asasi Muslim Kanada Ungkap 61 Cara Perangi Islamofobia

Alfatih-media.com-Diantara 61 rekomendasi yang tercantum dalam laporan Dewan Nasional Muslim Kanada, mulai dari pembentukan unit kejahatan rasial hingga rencana anti-Islamofobia untuk sistem pendidikan.

Sebuah organisasi advokasi Muslim nasional di Kanada telah merilis serangkaian rekomendasi yang ditujukan untuk mengatasi Islamofobia sebagai tanggapan atas meningkatnya kejahatan rasial yang menargetkan komunitas Muslim di negara itu.

Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) mengeluarkan 61 rekomendasi dalam sebuah laporan yang dirilis pada hari Senin (19/7/2021), menyerukan tindakan di tingkat federal, provinsi dan kota.

NCCM menyatakan, lebih banyak Muslim terbunuh dalam serangan kebencian di Kanada daripada negara G7 lainnya dalam lima tahun terakhir.

Pada 2017 penembakan massal mematikan di sebuah masjid di Kota Quebec menewaskan enam jemaah Muslim. Baru-baru ini, serangan teror pada 8 Juni menewaskan empat anggota keluarga Muslim di London, Ontario. Insiden itu memicu seruan baru bagi pihak berwenang untuk menangani kefanatikan anti-Muslim sistemik.

Wilayah Edmonton telah mengalami serangkaian serangan bermotivasi kebencian sejak Desember, yang sebagian besar melibatkan pengadu yang beragama Islam, kulit hitam, atau keduanya. Masjid juga telah dirusak dan diburu oleh kelompok sayap kanan.

“Meskipun kami telah mendengar banyak kata dari politisi yang mengutuk Islamofobia dan berdiri dalam solidaritas dengan Muslim di Kanada, tindakan untuk mengatasi Islamofobia berjalan lambat dan sedikit demi sedikit,” kata NCCM dalam laporan tersebut.

“Kami tidak bisa berdiam diri dan melihat lebih banyak nyawa hilang. Islamofobia mematikan dan kita perlu melihat tindakan sekarang,” katanya.

Diantara rekomendasi tersebut adalah seruan untuk strategi anti-Islamofobia federal pada akhir tahun, yang mencakup definisi yang jelas tentang Islamofobia, pendanaan untuk penelitian anti-Islamofobia, dan kampanye pendidikan publik.

Ini termasuk menetapkan dana dukungan nasional untuk para penyintas kejahatan bermotif kebencian, yang akan menutupi biaya yang dikeluarkan oleh para penyintas, seperti perawatan medis dan/atau kesehatan mental; mencegah pembuatan profil dan pengawasan massal komunitas Muslim melalui reformasi Countering Violent Extremism (CVE); dan pelatihan anti-bias bagi pejabat pemerintah dan hakim.

NCCM juga merekomendasikan studi investigasi atas kegagalan otoritas keamanan nasional untuk menangani kelompok supremasi kulit putih di Kanada.

Di antara amandemen KUHP yang direkomendasikan adalah pengenalan ketentuan seputar penyerangan bermotif kebencian, pembunuhan dan ancaman.

Representasi media dengan mendorong produksi cerita Muslim melalui pendanaan di Dana Media Kanada dan Dewan Film Nasional, juga disorot.

Di tingkat kota, kelompok tersebut mengadvokasi peraturan yang memberi wewenang kepada pihak berwenang untuk mendenda orang yang terlibat dalam pelecehan jalanan.

Ini juga menyerukan investasi dalam merayakan sejarah Muslim Kanada lokal melalui acara dan ruang di mana pencapaian mereka dapat secara terbuka melawan stereotip dan karikatur negatif.

Laporan NCCM muncul menjelang KTT nasional tentang Islamofobia yang akan berlangsung pada 22 Juli, sehari setelah KTT nasional tentang anti-semitisme. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments