Wisuda 910 Lulusan , Rektor Unimed Ingatkan 10 Hal Di Era 4.0

MEDAN (alfatih-media.com)-Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mewisuda 910 lulusan di Gedung Serbaguna Unimed (26/2/2020). Ke 910 lulusan tersebut diantaranya, FIP sebanyak 38 wisudawan, FBS sebanyak 245 wisudawan, FIS sebanyak 62 wisudawan, FMIPA sebanyak 157 wisudawan, FT sebanyak 81 wisudawan, FIK sebanyak 101 wisudawan, FIK sebanyak 101 wisudawan dan PP sebanyak 122 wisudawan.

Dalam arahannya Rektor Unimed, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengatakan, wisuda merupakan titik awal perjuangan dalam mengimplementasikan ilmu yang diterima selama di kampus untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir dalam meraih masa depan yang baik.

Apalagi lanjutnya, di era revolusi industri 4.0 ini pemerintah telah menetapkan roadmap “Making Indonesia 4.0” . Dimana, semuanya akan menggunakan digitalisasi. Untuk itu, dia mengingatkan tentang 10 hal yang harus dipersiapkan menghadapi era 4.0 ini. Diantaranya, Complex Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, People Management, Coordinating with Others, Emotional Intelligence, Judgement and Decision Making, Service Orientation, Negotiation dan Cognitive Flexibility.

Kemudian sambungnya, bidang yang diperlukan berdasarkan kebutuhan SDM saat ini adalah Teknologi Informasi, Kepemimpinan dan Social Skills, Learning Skills dan kemampuan berkomunikasi melalui banyak chanel. Untuk menghadapi semua itu diperlukan tiga langkah saja. 

Pertama jelasnya, harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan diri untuk memahami penggunaan teknologi internet of things atau mengintegrasikan kemampuan internet dengan link pada produksi di dunia kerja. Untuk mendukung upaya tersebut, diperlukan  pelaksanaan pendidikan yang link and match antara Lembaga Pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri.  

Langkah kedua katanya, lulusan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing sehingga, mampu menembus pasar kerja internasional yang merupakan upaya juga untuk memperluas pasar dalam rantai nilai dunia dan menghadapi era Industry 4.0. 

“Sedangkan langkah ketiga, diperlukan inovasi teknologi melalui pengembangan startup dengan memfasilitasi lembaga pendidikan dengan inkubasi bisnis. Setelah diwisuda saya berharap lulusan Unimed terus memperkuat skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era industri 4.0. Lakukanlah tiga langkah tersebut untuk memacu produktivitas dan daya saing sehingga, mampu menembus pasar kerja internasional. Ambilah langkah dan jadilah pembuat solusi untuk menuntaskan persoalan bangsa,” ujar Dr. Syamsul.

Diakhir pidatonya, Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom menyinggung soal konsep “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Kemendikbud. Mahasiswa baru Unimed tahun 2020 akan diberi pilihan 3 semester di luar program studi yang diambilnya.

“Satu semester di prodi lain pada  perguruan tinggi yang sama, satu semester pada prodi yang sama di perguruan tinggi yang lain dan  satu semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya. Hal ini dilakukan agar lulusan memiliki ilmu dan skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga begitu tamat lulusan mudah mendapatkan pekerjaan yang terbaik bagi dirinya,” pungkasnya. (ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments