Warga Kota Nashville AS Resmikan Masjid Baru Saat Ramadhan

Alfatih-media.com-Tepat pada bulan suci Ramadhan, Nashville, Washington, Amerika Serikat membangun sebuah masjid yang didominasi warna krem dengan aksen cokelat dan kubah merah marun terletak di daerah Charlotte Pike.

Charllotte Pike adalah lokasi masjid kedua dari Islamic Center of Nashville, yang dikenal dengan rumah ibadah utama di lingkungan 12South. Masjid itu berdiri di lahan seluas 11 hektare dan merupakan pusat kampus dan pusat Islam di Bellevue.

Rashed Fakhruddin, seorang anggota dewan pengurus Islamic Center of Nashville menceritakan proses panjang sebelum menjadikan rumah ibadah tersebut menjadi kenyataan.

"Ini mimpi," ujar Fakhruddin, sekitar sepekan setelah grand opening pertengahan April, seperti yang dilansir dari publikasi Tennessean.

Rencananya masjid baru ini diharapkan bisa menampung banyak jemaah yang akan melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

"Kami berharap bisa menyelesaikan masjid ini sebelum Ramadhan dan syukurlah selesai tepat waktu sehingga orang bersemangat untuk datang ke sini dan berdoa," ujarnya.

Proyek Masjid senilai 2,5 juta dolar AS tersebut merupakan bagian dari rencana utama Islamic Center of Nashville selama lebih dari 20 tahun. Namun, dengan beberapa pertimbangan, pihaknya memutuskan untuk membangun Nashville International Academy, sekolah di sebelah gedung masjid baru, sebelum membangun masjid. Pertimbangan lainnya disebabkan banyaknya tempat–tempat ibadah lain yang bermuculan, sehingga  pembangunan masjid ini menjadi kurang begitu  mendesak.

Daerah Nashville adalah rumah bagi sekitar 40 ribu Muslim dengan mayoritas dari mereka tinggal di bagian tenggara kota. Salah datu pengurus Islamic Center of Nashville lainnya, Imam Ossama Bahloul, mengatakan, pembukaan masjid baru membawa rasa bahagia bukan hanya untuk komunitas Muslim, tetapi juga untuk komunitas Nashville lain yang lebih besar. 

"Ini bukan hanya aset bagi komunitas Muslim, tetapi kami merasa bahwa itu merupakan kontribusi bagi kota kami. Kami membayangkan kota kami memiliki gereja-gereja yang indah, sinagog, masjid, dan itu adalah bagian dari keragaman kami,” tutur Bahloul.

Pembangunan masjid baru di Bellevue tidak melihat adanya penentangan dari beberapa proyek di tempat lain di Tennessee Tengah dan sekitarnya. Pada 2010, sekelompok warga menggugat untuk menghentikan pembangunan masjid baru Islamic Center of Murfreesboro. Islamic Center of Murfreesboro akhirnya menang dalam pertempuran di pengadilan.

"Kami tidak harus melalui apa yang mereka lalui," kata Fakhruddin.

Bahloul, imam masjid Murfreesboro selama pertarungan pengadilan, mengatakan itu adalah saat yang sulit, tetapi itu menunjukkan kepadanya pentingnya persahabatan, menjangkau, dan mencintai semua orang.

Dikatakan Bahloul, beberapa orang berusaha menunjukkan dukungan kepadanya dan ia terus menghargainya.

"Kita tidak boleh membiarkan sekelompok kecil orang dengan suara vokal mencemari lingkungan kita. Mayoritas orang luar biasa," ujarnya.

Meski tidak menghadapi penentangan, pembangunan masjid Bellevue juga menunjukkan kepada Bahloul pentingnya mencintai semua orang.

"Saya harap kita bisa lebih sering berbicara satu sama lain daripada berbicara tentang satu sama lain. Jumlah orang yang menjangkau kami setelah Bellevue dari daerah Nashville benar-benar fenomenal. Semua orang bersemangat dan bahagia untuk kami,” kata dia.

Sekarang setelah pintu terbuka di Bellevue, rincian tentang pengelolaan masjid dan untuk menentukan seorang imam yang akan secara khusus melayani di masjid tersebut masih didiskusikan. Pimpinan Pusat Islam juga menerima masukan dari komunitas Muslim terkait dengan agenda–agenda harian yang akan diadakan di masjid tersebut.

Membangun masjid bukan yang terakhir dari proyek konstruksi di kampus Bellevue. Kepemimpinan Pusat Islam berharap untuk menyelesaikan ruang bawah tanah dan menambah gimnasium di beberapa titik. Mereka juga memiliki rencana untuk merombak lokasi 12South. (tennessean/dbs/gm/ef/foto:int)

Latest Articles

Comments