UTBK 2019 Di Sumut Akan Diikuti 54.360 Peserta

MEDAN (alfatih-media.com)-Sebanyak 54.360 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di Sumatera Utara akan diikuti oleh 54.360 peserta. UTBK ini merupakan ujian yang akan menguji kemampuan akademiknya. Dimana, ujiannya akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan diadakan pada 13 April hingga 4 Mei 2019 mendatang. Sedangkan UTBK gelombang kedua dilaksanakan pada 11 Mei – 26 Mei 2019.

“Jumlah peserta tersebut merupakan peserta yang terdaftar pada lokasi ujian di Universitas Sumatera Utara dan 18 mitra kerjasamanya,”kata Wakil Rektor I USU Bidang Bidang Akademik,  Kemahasiswaan, dan Kealumnian, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, melalui Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum melalui siaran pers yang diterima Alfatih-media.com, Kamis (11/4/2019).

Elvi Sumanti mengingatkan, untuk sesi pertama UTBK, ujian akan dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi siang dimulai pukul 13.00 WIB. Para peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum jadwal yang telah ditetapkan dan harus sudah mengetahui lokasi dan ruang ujian sesuai dengan yang tertera pada kartu tanda peserta UTBK 2019.

Selain itu katanya, peserta juga diimbau sudah mengetahui dan mengetahui dengan benar seluruh tata tertib ujian. Keterlambatan dan pelanggaran terhadap tata tertib UTBK dapat mengakibatkan peserta yang bersangkutan dapat dibatalkan ujiannya.  

“Diimbau kepada para peserta UTBK untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi ujian nantinya. Kita mengingatkan agar peserta menjaga asupan makanan dan beristirahat tepat waktu agar tidak terlambat tiba di lokasi ujian. Inilah dua hal yang harus diperhatikan oleh para peserta selain kesiapan mental dan ilmu pengetahuan. Karena kalau sampai terlambat satu menit pun akan merugikan peserta, karena dilarang masuk ke ruang ujian,” katanya. 

Sementara itu lanjutnya, bagi penyandang tuna netra yang akan mengikuti UTBK 2019, untuk gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2019, pukul 07.30 sampai 11.45 wib. Sementara gelombang II pada 25 Mei 2019, pada jam yang sama. Sementara pelaksanaan ujian akan dilakukan di ruangan khusus. Hasil UTBK akan diumumkan sepuluh hari dari tanggal pelaksanaan ujian.

“Jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK gelombang I sebanyak 26.186 orang, yang terdiri atas 16.764 peserta dari kelompok ujian saintek dan 9.422 dari kelompok soshum. Sementara untuk gelombang II sebanyak 28.174 orang, yang terdiri atas 16.299 peserta dari kelompok saintek dan 11.875 peserta dari kelompok soshum,”sebutnya.

Dia menjelaskan, UTBK merupakan tahapan yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa sebelum menjajal kemampuan di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Pada pelaksanaan UTBK kali ini USU menggandeng 18 mitra kerjasama, yang terdiri atas SMKN 7 Medan, SMKN 8 MEDAN, SMKN 9 MEDAN, SMKN 10 Medan, SMKS Telkom Shandy Putra, SMAS Brigjen Katamso, SMAN 1 Medan, SMAN 2 Medan, SMAN 4 Medan, SMAN 15 Medan, SMAS Santo Thomas 1 Medan, SMKS Multi Karya, YPI Miftahussalam Medan, YP Sultan Iskandar Muda Medan, SMK Dwi Warna Medan, Universitas Prima Indonesia Medan, AMIK MBP Medan.

Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati, MS, mengimbau kepada semua pihak yang terkait agar dapat berperan aktif dalam menjaga suasana pelaksanaan UTBK 2019 agar berlangsung aman, tertib dan nyaman. Ia juga mengingatkan bahwa selama berlangsungnya UTBK 2019 pihak luar tidak diperbolehkan untuk memasuki ruangan ujian, kecuali panitia. (ef/foto:int)

Latest Articles

Comments