UEA dan Oman Akan Buat Kereta Api Super Cepat untuk Hubungkan Kedua Negara

Alfatih-media.com-Uni Emirat Arab dan Oman menandatangani kesepakatan senilai USD 3 miliar untuk menghubungkan kedua negara dengan kereta api penumpang berkecepatan tinggi. Kereta ini akan menghubungkan Abu Dhabi dengan Sohar, yang terletak di bagian utara Oman. Operator kereta api nasional dari kedua negara membentuk perusahaan patungan untuk mengerjakan proyek ini.

Kesepakatan ini berlangsung dalam kunjungan kenegaraan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan ke Muscat pada Selasa (27/9/2022). Dia diterima oleh Sultan Haitham bin Tariq dari Oman sebelum kedua pemimpin terlibat dalam pembicaraan tentang penguatan hubungan bilateral di Istana Al-Alam.

Kereta api yang akan melewati rel sepanjang 303 km sangat dinantikan dan dirancang untuk mengurangi waktu tempuh dari Abu Dhabi ke Sohar menjadi 100 menit, dan dari Sohar ke Al-Ain menjadi 47 menit, dengan kecepatan maksimum 200 km/jam. Sementara kereta api barang akan melaju hingga 120 km/jam.

Shadi Malak, Kepala Eksekutif Etihad Rail mengatakan bahwa perjanjian itu menjabarkan peta jalan strategis untuk proyek berkelanjutan yang akan berkontribusi untuk memperkuat hubungan yang solid antara UEA dan Oman. Awal bulan ini, Etihad Rail mengungkapkan kemajuan proyek jaringan mega nasional UEA yang akan menghubungkan perdagangan, industri dan populasi negara tersebut.

Sekitar 70 persen dari jalur tersebut telah dibangun dan setelah selesai diharapkan dapat mengangkut jutaan penumpang setiap tahun antara kota-kota besar di negara itu pada tahun 2030. Etihad Rail mengumumkan stasiun kereta penumpang pertamanya akan berlokasi di Fujairah dan akan menghubungkan 11 wilayah di seluruh Uni Emirat Arab setelah selesai.

Ini akan memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan dari Abu Dhabi ke Dubai dalam 50 menit, dan dari Abu Dhabi ke Fujairah dalam 100 menit. Namun sejauh ini belum ada tanggal kapan layanan penumpang dirilis.

Selain soal kereta api, Sheikh Mohamed dan Sultan Oman juga membahas peluang untuk membangun hubungan ekonomi yang berkembang antara UEA dan Oman dan area di mana kedua negara dapat meningkatkan kolaborasi, termasuk sektor investasi, keuangan, industri dan budaya.

Pembicaraan mereka berpusat pada visi bersama kedua pemimpin untuk kawasan yang aman dan stabil yang mendorong pembangunan berkelanjutan dan mendukung ekonomi yang berkembang di mana orang dapat mewujudkan potensi penuh mereka. Lebih dari selusin perjanjian telah ditandatangani antara kedua negara selama kunjungan kenegaraan, termasuk bidang kerja sama di bidang pengembangan pemuda, energi, komunikasi, logistik, transportasi dan transportasi laut, dan kesepakatan untuk mengatasi kejahatan dan pencucian uang. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments