UAE Dukung Upaya Mesir Selesaikan Krisis Libya

Alfatih-media.com-Uni Emirat Arab mendukung upaya Mesir untuk menyelesaikan krisis di Libya. Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry melalui telepon pada hari Rabu (29/7).

"Selama panggilan itu, kedua menteri membahas sejumlah masalah kepentingan bersama, termasuk situasi di Libya dan cara-cara mendukung upaya yang sedang dilakukan untuk mempromosikan penyelesaian politik untuk krisis. Sheikh Abdullah menegaskan kembali dukungan UEA untuk upaya tak kenal lelah Mesir mencapai solusi diplomatik yang menjamin keamanan, dan stabilitas bagi rakyat Libya," kata Kementerian Luar Negeri UEA dalam sebuah pernyataan.

Kementerian menambahkan bahwa Sheikh Abdullah juga menekankan hubungan historis dan strategis yang mengikat kedua negara dan tekad kepemimpinan mereka untuk terus mendukung kerja sama di semua lini demi kepentingan terbaik rakyat mereka.

Libya telah jatuh ke dalam kekacauan sejak penggulingan diktator Moammar Gaddafi tahun 2011. Bentrokan antara dua pihak yang bertikai di negara itu, LNA, yang dikomandoi oleh Khalifa Haftar dan GNA, yang dipimpin oleh Fayez al-Serraj, telah meningkat baru-baru ini.

Banyak kekuatan asing telah mendukung berbagai sisi konflik dengan berbagai tingkat dukungan, dengan negara-negara yang paling menonjol adalah Turki mendukung GNA dan Mesir mendukung LNA.

UEA juga mendukung pasukan Haftar dan mengutuk campur tangan Ankara di Libya. Menjelang akhir Juni, Sheikh Abdullah menyatakan bahwa peran Turki saat ini di kawasan Arab tidak diterima. (sumber:berbagai sumber)

Latest Articles

Comments