Tips Menahan Rindu Pada Orang Tersayang Saat Pandemi Covid-19

Alfatih-media.com-Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, dengan peraturan dari pemerintah yang begitu ketat, tentu kita sulit bertemu dengan orang-orang yang kita sayangi, baik orang tua, saudara, sahabat, atau mungkin orang yang kamu harapkan jadi suami/istri kamu. Menahan rindu kepada orang-orang yang kita sayangi menjadi salah satu cobaan berat menghadapi covid 19, kala mudik tak bisa dan berkumpul pun dilarang.

Perasaan rindu membuat seseorang mengajarkan arti dan makna memiliki. Ketika engkau merasakan rindu kepada seseorang itu artinya engkau merasa memiliki seseorang di dalam hatimu, ada seseorang yang masuk dan hadir ke dalam hatimu dan kehidupanmu. Ketika orang tersebut tidak ada di hadapanmu atau tidak ada disekitarmu, tiba-tiba perasaanmu datang. Di situlah kamu tahu makna memiliki dan arti kehilangan, iya kamu kehilangan dirinya karena tidak ada di alam sekitarmu. 

Saat kamu merasa rindu dengan orang tua kamu, artinya kamu memang peduli dan menyayangi orang tua kamu, begitu juga orang-orang tersayang yang lain.

Namun bagaimana jika kamu sedang merasakan rindu pada orang-orang yang kamu sayangi, dan kamu tak bisa bertemu mereka karena pandemi Covid-19 seperti sekarang? Berikut adalah beberapa tips mengatasi rindu di tengah pandemi COVID-19, kamu bisa memilih salah satu atau mengkombinasi dari beberapa tips sebagai berikut:

Pertama, Doa

Ketika kamu rindu orang-orang yang kamu sayangi, kamu bisa memohon dan meminta kepada Allah melalui doa. Diawali puji-pujian kepada Yang Maha Memiliki Cinta lalu dilanjutkan dengan mencurahan segala apa yang kamu rasakan. Dengan begitu kamu akan menjadi tenang. Jika kamu mencurahkan segala apa yang kamu rasakan kepada Yang Maha Memiliki Cinta dan Kasih Sayang, itu artinya kamu telah menggantungkan dirimu hanya kepada Yang Maha Memiliki Segalanya. Mintalah yang terbaik dari doamu atas rindu yang sedang kamu alami. Allah pasti akan menjawab apa yang kamu minta, cepat atau lambat.

Kedua, Memberi Hadiah Al-Fatihah

Salah satu cara yang paling mudah ketika kamu sedang dilanda rindu adalah dengan mengirimkan bacaan Al-fatihah kepadanya. Sebelum kamu mengirimkan Al-fatihah-mu, kamu sebutkan terlebih dahulu nama seseorang yang kamu rindukan itu, kamu sampaikan rindumu kepada Allah lewat surat Al-Fatihah untuknya. Hal ini juga akan membuat hatimu menjadi lebih tenang atas apa yang kamu rasakan. Percayakan semua rindumu hanya kepada Allah saja. Karena dia pasti mengetahui segala yang terbaik untuk dirimu.

Ketiga, Bershalawat 

Selain kamu bisa berdoa dan menghadiahkan Al-fatihah, kamu bisa menyalurkan rasa rindumu dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, alangkah baiknya ketika rindumu engkau sampaikan melalui perantara Manusia Terbaik sepanjang masa melalui shalawat kepada sosok yang telah membawa diri kita semua sebagai umat dari zaman yang penuh kegelapan menuju zaman yang gemilang seperti sekarang ini, Nabi Muhammad SAW.

Keempat, Berbuat Positif

Selain dari ketiga cara di atas, hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pekerjaan atau perbuatan positif yang bisa membuatmu lupa akan rindu yang sedang engkau rasakan. Kamu bisa menyibukkan dirimu dengan berbagai kegiatan positif. Misalnya olahraga, mengaji, menghafal Al-Qur’an, muraja’ah, belajar bahasa asing, melakukan pekerjaan rumah, membuat tugas sekolah, atau hal positif lainnya yang bisa kamu lakukan.

Kelima, Hindari Musik Bernuansa Galau

Musik bernuansa galau merupakan salah satu faktor yang bisa membuat rindumu menjadi-jadi. Oleh karena itu, hal ini sepatutnya kamu tinggalkan supaya kamu tidak terus larut kedalam perasaan rindumu. Apabila rindumu semakin menjadi, maka akan sulit bagimu untuk bangkit. Yang ada kamu terus akan terselam sendiri dengan perasaanmu.

Keenam, Dengarkan Musik bernuansa Semangat atau Shalawat

Musik bernuansa galau harus dihindari, bukan berarti kamu tidak bisa mendengarkan musik lainnya. Kamu bisa mendengarkan musik yang bernuansa semangat atau shalawat. Akan tetapi meskipun yang kamu dengarkan adalah musik yang bernuansa semagat atau sholawat, jangan sampai kamu memilih musik atau sholawat bisa membuat kamu tambah menjadi galau atau kamu semakin memikirkan perasaanmu, ya!

Ketujuh, Yakinkan dirimu!

Yakinkan dirimu! Ya betul sekali, kamu harus yakinkan dirimu, bahwa suatu saat nanti kamu akan segera bertemu dengan orang-orang yang kamu sayangi. Jangan putus asa dengan rahmat Allah SWT. Siapa tahu dengan adanya pandemi Covid-19 ini, perasaan sayang kamu justru semakin kekal kepada orang-orang yang kamu sayangi. menahan rindu

Demikianlah beberapa tips mengatasi rindu di tengah pandemi COVID-19. Percayalah bahwa kamu bisa bangkit dari rasa rindumu. Kamu bisa melakukan hal-hal positif dengan kemauanmu. Jangan sampai hanya karena rindu datang, kamu malah menjadi down atau patah semangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Mari kita segera bangkit dari rasa rindu. Wallahu a’lam. (sumber:Islami.co)

 

Latest Articles

Comments