Tiga Langkah Melepas Ikatan Setan Saat Bangun Tidur

Alfatih-media.com-Setan sudah berjanji kepada Allah untuk selalu menggoda dan menyesatkan umat manusia. Ia tak pernah berhenti mengganggu manusia siang dan malam supaya jauh dari Allah. Beragam cara ia lakukan, termasuk membuat ikatan di tengkuk orang yang tidur. Bukan hanya satu ikatan, tapi sampai tiga ikatan sekaligus.

Tiga ikatan ini harus dilepaskan karena sangat berpengaruh pada jiwa dan semangat seseorang. Khususnya semangat untuk bangun beribadah dan beramal baik. Jika dibiarkan, maka jiwa seseorang akan malas untuk bangun, beribadah dan beraktivitas.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw bersabda;

يَعقِدُ الشَّيطانُ عَلى قافيَةِ رأسِ أَحدِكُم إذا هوَ نام ثَلاثَ عُقدٍ، يَضرِبُ كلَّ عُقدةٍ مَكانَها: عليكَ ليلٌ طويلٌ فارقُدْ،

فإنِ استَيقظَ فذَكَر اللهَ انحلَّت عُقدةٌ، فإن تَوضَّأ انحلَّت عُقدةٌ، فإن صلَّى انحلَّت عُقدُه كلُّها، فأَصبحَ نَشيطًا

طيِّبَ النَّفسِ، وإلَّا أَصبحَ خَبيثَ النَّفسِ كَسلانَ

“Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan, ‘Malammu masih panjang, teruslah tidur.’ Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudu terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia salat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.”

Berdasarkan hadis ini, ada tiga langkah melepas tiga ikatan setan saat bangun tidur. Berikut ketiga langkah tersebut;

  1. Bangun dan Berdoa.

Langkah pertama untuk melepas ikatan setan adalah segera bangun dan langsung membaca doa. Dengan langkah ini, satu ikatan setan terlepas. Doanya sebagai berikut;

اَلْحَمْدُ لِلهِ الذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْه النُشُوْرُ

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami. Dan kepada-Nya lah tempat kembali”

  1. Segera melakukan Wudu.

Langkah kedua adalah segera melakukan wudu sesaat setelah bangun. Langkah ini jangan terlalu lama ditunda jika ingin segera lepas dari ikatan setan. Setelah berdoa, maka segera berwudu agar ikatan setan yang kedua terlepas.

  1. Segera melaksanakan salat.

Langkah ketiga adalah melaksanakan salat, baik sunnah atau wajib. Langkah ini akan melepaskan ikatan setan yang ketiga.

Dengan demikian, apabila ketiga langkah ini dilakukan, maka seseorang akan menikmati suasana pagi dalam keadaan jiwa yang tenang dan semangat. (sumber:bincangsyariah)

 

Latest Articles

Comments