Tiga Keutamaan Surah Al-Mulk

Alfatih-media.com-Surah Al-Mulk merupakan salah satu surah yang ada di dalam Al-Qur’an urutan ke 67. Surah yang terdiri dari 30 ayat ini termasuk golongan surah Makkiyah.

Surah ini dinamakan surah Al-Mulk adalah disebabkan karena dimulai dengan mensucikan dan mengagungkan Allah swt. yang memiliki kerajaan atau kekuasaan. Yakni Dialah yang memiliki langit dan bumi. Dialah raja yang sesungguhnya. Dialah yang menghendaki segala sesuatu. Dialah yang yang dapat menghidupkan dan mematikan makhluk. Dialah dzat yang memuliakan dan merendahkan. Dialah yang membuat kaya dan fakir. Dialah yang maha memberi dan menahan segala sesuatu.

Surah ini juga dinamakan dengan Al-Waqiyah dan Al-Munjiyat. Hal ini disebabkan karena surah ini dapat menjaga dan menyelamatkan dari adzab kubur. Sedangkan Ibnu Abbas menamainya dengan nama Al-Mujadalah karena surah ini dapat mendebat atas nama pembacanya di dalam kubur.

Adapun keutamaan surah Al-Mulk adalah sebagaimana terekam dalam hadis-hadis Nabi saw. sebagai berikut.

Pertama. Pembacanya akan diberi syafaat (pertolongan) dan ampunan

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ سُوْرَةً فِى الْقُرْآنِ ثَلاَثِيْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا غُفِرَ لَهُ

تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ».أخرجه الإمام أحمد وأصحاب السنن الأربعة ، وقال الترمذي : هذا حديث حسن.

Dari Abu Hurairah r.a. dari Rasulullah saw., beliau bersabda, “Sungguh surah di dalam Al-Qur’an yang ayatnya ada 30 dapat memberikan syafaat untuk yang membacanya, ia diampuni, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Timidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah. At-Timidzi berkata, “Ini hadis Hasan”)

Kedua. Dimasukkan surga

عن أنس بن مالك قال : قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «سُوْرَةٌ فِى الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى

أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ : تَبارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ». أخرجه الطبراني والحافظ الضياء المقدسي.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Surah yang di dalam Al-Qur’an yang dapat bertengkar untuk (membela) pembacanya sampai ia dimasukkan ke dalam surga, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku.” (HR. At-Thabrani dan al-Hafidz al-Diya’ al-Maqdisi)

Ketiga. Bisa menyelamatkan pembacanya dari adzab kubur

عن ابن عباس في تسمية سورة الملك بالواقية والمنجية قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «هي المانعة هي

المنجية تنجيه من عذاب القبر».أخرجه الترمذي

Dari Ibnu Abbas tentang penamaan surah Al-Mulk dengan nama Al-Waqiyah dan Al-Munjiyat, Rasulullah saw. bersabda, “Surah Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur.” (HR. At-Tirmidzi).

Demikianlah tiga keutamaan surah Al-Mulk sebagaimana diterangkan oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab At-Tafsir Al-Munir. Selamat membaca surah Al-Mulk!. Wa Allahu A’lam bis Shawab. (sumber:BincangSyariah.Com)

Latest Articles

Comments