Tangani Kasus Corona, Saudi Potong Lima Persen Anggaran Kerajaan

Alfatih-media.com- Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menyiapkan anggaran SAR 50 miliar atau sekitar Rp 198 triliun dengan memotong anggaran tahun ini untuk penanganan virus corona (COVID-19). Keberadaan virus tersebut dinilai sudah sangat merugikan sektor ekonomi masyarakat di Kerajaan.

Menteri Keuangan Saudi, Muhammad al-Jadaa mengatakan, lima persen anggaran 2020 akan dialokasikan untuk daerah-daerah yang memiliki dampak sosial dan ekonomi sejak munculnya wabah corona. 

"Pemerintah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak penurunan harga minyak dan akan mengambil langkah tambahan untuk menghadapi penurunan harga yang lainnya," ujar al-Jadaa seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (19/3/2020).

Ia mengungkapkan, saat ini Kerajaan memiliki cadangan dan aset keuangan sangat besar yang akan memungkinkannya menghadapi tantangan yang diakibatkan COVID-19. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menjaga keberlanjutan dan stabilitas dalam jangka menengah dan jangka panjang.

"Dengan dampak potensial dari wabah corona, pengembangan akan dinilai ulang, barang pengeluaran akan ditinjau, dan keputusan yang tepat akan dibuat pada waktu yang tepat," tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi hingga saat ini telah mengumumkan sejumlah kasus baru. Total kasus COVID-19 saat ini di Kerajaan Saudi sudah mencapai angka 238. (ArabNews/gm/ef/foto:int)

Latest Articles

Comments