Sering Dengar Ceramah, Bocah Kelas Empat SD Ini Hafal Sejarah Islam

Alfatih-media.com– Naila Lisa Amania, anak sembilan tahun ini mampu menceritakan sejarah Islam melalui ceramah dari salah satu ustad Nadhalatul Ulama (NU), yang sering dilihat orang tuanya melalui rekaman video. Hal tersebut menjadi daya tarik anak kelas empat SD asal Probolinggo Jawa Timur ini.

Menurut Ayah Naila, M Syakur Dewa atau Gus Dewa, dirinya melihat bakat Naila yang suka menyimak dan menghafal sejarah Islam sejak dirinya sering memutar video ceramah. Katanya, setiap dirinya memutar video, Naila sang anak mengulang kembali sejarah Islam yang telah di saksikannya tanpa panduan video.

“Saya melihat Naila punya bakat. Saya belikan Naila Kitab Sirah-sirah (sejarah), jadi sekarang pemahaman sejarahnya lebih banyak,” ungkap Gus Dewa, di lansir dari Nu Online, Kamis (17/1/2019).

Gus Dewa mengatakan, karena seringnya Naila melihat video ceramah tentang sejarah islam, kemudian, saat dirinya dan sanak keluarga bertanya tentang sejarah Islam, ia mengaku, Naila mampu menjawab pertanyaannya.

“contohnya, apabila saya dan keluarga tanyakan tentang orang-orang yang dekat dengan Nabi Muhammad, seperti putra putri Nabi, Istri Istri Nabi, dan Para Sahabat terekat Nabi yang dijamin masuk surga, Naila dapat menjawabnya,” ujar Gus Dewa.

Gus Dewa mengaku, proses Naila menyukai sejarah  berlangsung sejak usianya satu tahun atau lebih tepatnya pada tahun 2009. Katanya, sejak 2009 lalu, dirinya tidak pernah berhenti mendengar ceramah tentang sejarah Islam.

“Sejak 2009, saya dengarkan ceramah. Kemudian saat Naila sudah mulai bisa berbicara, Naila banyak tanya tentang sejarah islam, banyak tanya tentang ceramah yang habis dia dengarkan. Disitulah saya melihat kemampuan Naila,” jelas Gus Dewa.

Ia menjelaskan, Selain menghafal Sejarah Islam, Naila juga seorang santri hafids. Saat ini hafalan Naila sudah masuk tujuh Juz. Walaupun Naila sibuk dengan hafalannya, Naila tetap seperti anak kecil lainnya yang memiliki waktu untuk bermain. Ia tegaskan, akan terus mendukung apapun cita-cita Naila. (nuonline/gm/ef/foto:nu)

Latest Articles

Comments