Saat Sedih Mendalam, Bacalah Doa Ini

Alfatih-media.com-Merasakan kesedihan adalah sebuah kondisi yang tidak dapat dihindari. Mungkin kita berulang-ulang merasakannya dalam tiap bulannya. Rasa sedih itu dikirim Allah tidak melulu membuat hamba-Nya menjadi lemah. Ada beberapa efek positif yang dapat muncul ketika sedang merasakan kesedihan. Salah satunya adalah bisa meningkatkan kemampuan memori.

Namun jika kesedihan yang hadir itu begitu mendalam, maka akan memunculkan efek negatif tentunya. Disinilah saatnya kita merayu Allah dengan doa terbaik yang kita militki. Masalah apapun yang ada itu hasil cipta Allah. Perasaan yang mengganggu itu juga utusan Allah. Sehingga ketika dirasa kesedihan itu begitu mendalam, berlairah menuuju sang pencipta masalah dan perasaan tersebut. Tak lain dan tak salah adalah berdoa kepada Allah.

Sebuah doa yang disarikan dari hadis Rasulullah yang diriwayatkan Abu Daud bisa dijadikan senjata untuk menuju Allah ketika merasakan kesedihan yang begitu mendalam. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.”(HR. Abu Daud)

Memohon pertolongan atau rahmat adalah salah satu cara cerdas menghadapi berbagai permasalahn di dunia. Mengapa demikian? Karena ia percaya akan kekuatan dan daya Allah yang bisa meliputi segala sesuatu, termasuk pernasalahan hidup. Allah juga pernah melarang hamba-Nya yang beriman kepada-Nya untuk bersikap lemah dan bersedih hati. Dalam QS Ali Imran ayat 139 disebutkan:

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Apapun kondisi dan permasalahn yang membuat kita bersedih hingga lemah, kembalikan kepada-Nya. Berdoa kepada-Nya membuat kita seakan-akan memiliki kekuatan dan harapan baru, hingga kesedihan pun  hanya mampir sebentar. Tetap percaya bahwa Allah telah menyediakan jalan terbaik dan tidak membuat hambanya tak berdaya. Caranya adalah memohon kepada-Nya kepada lewat doa. Semoga doa di atas bisa menemani kita kala merasakan kesedihan  yang begitu mendalam. (sumber:BincangSyariah.com)

 

Latest Articles

Comments