Rupiah Terus Berpengaruh Karena Faktor Eksternal

MEDAN (alfatih-media.com)- Kalender ekonomi Indonesia relatif kosong pekan ini. Data Uang Beredar bulan Oktober dijadwalkan untuk dirilis pada hari Jumat. Seperti mata uang pasar berkembang lainnya, Rupiah sepertinya akan tetap dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal pekan ini. 

Berfokus pada aspek teknikal, Rupiah memiliki ruang untuk menguat terhadap Dolar pekan ini apabila USDIDR berhasil ditutup di bawah 14500. Hal ini dikatakan research analist forextime, Lukman Otunuga, Selasa (27/11/2018).

"Pada saat ini, saya merasa para pengambil kebijakan moneter belum terlalu khawatir karena tingkat pengangguran mendekati level terendah dalam 50 tahun dan inflasi mendekati level target," katanya.

Walau begitu, kemungkinan melambatnya laju pengetatan kebijakan moneter semakin tinggi, dan ini tergambar bahwa investor mengantisipasi peluang 76% kenaikan suku bunga di bulan Desember, dan hanya satu kali kenaikan lagi di tahun 2019, tidak seperti tiga kali kenaikan yang diperkirakan oleh Federal Reserve.

"Walau Fed adalah faktor penting dalam memulihkan kepercayaan, namun hubungan yang lebih baik antara AS dan China mungkin lebih berpengaruh besar dalam memperbaiki sentimen tiap negara termasuk Indonesia," pungkasnya. (ef)

 

Latest Articles

Comments