Ringankan Beban Korban Banjir di Binjai, Gubsu Serahkan Bantuan Satu Ton Beras

Alfatih-media.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan bantuan kepada korban banjir di Kota Binjai. Bantuan berupa beras 1,25 ton, mi instan, gula, matras, selimut, kain sarung, perlengkapan bayi, hingga perlengkapan keluarga, tersebut diharapkan dapat meringankan beban korban banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Abdul Haris Lubis melalui telepon, Rabu (23/11/2022). Bantuan diserahkan kepada BPBD Kota Binjai untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat. 

Selain bantuan sembako, BPBD Sumut juga telah menurunkan personel ke daerah terdampak banjir.

“Kami akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana, ini arahan Gubenrur, sebagai langkah untuk meringankan beban masyarakat terdampak bencana,” ujar Haris. 

Banjir melanda Kota Binjai pada 19 November 2022, yang disebabkan curah hujan yang tinggi. Atas kejadian tersebut, sekitar 902 kepala keluarga atau 3.551 jiwa dari 8 kelurahan dan 4 kecamatan, menjadi terdampak banjir.

Atas bantuan Gubernur tersebut, Sekretaris Daerah Kota Binjai Irwansyah sangat mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya bantuan yang diberikan akan sangat membantu. Sebab banyak masyarakat yang aktivitas sehari-harinya terganggu lantaran banjir. 

“Alhamdulillah, ini ada sembako, pastinya ini akan sangat membantu penduduk yang terganggu aktivitas sehari-harinya, ada juga bantuan perlengkapan mandi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kami,” kata Irwansyah saat diwawancara melalui telepon. 

Sewaktu banjir datang, Pemko Binjai melalui BPBD Kota Binjai langsung membuka posko dan dapur umum di area Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota. 

Senada dengan Irwansyah, Kepala BPBD Kota Binjai Iman Siswanto juga mengapresiasi bantuan Gubernur tersebut. Bantuan akan segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Kami dari BPBD Kota Binjai mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah memberikan bantuan, semoga bantuan ini dapat meringankan beban korban terdampak banjir di Kota Binjai,” kata Iman. 

Iman mengungkapkan kini banjir sudah dalam kondisi surut. “Kondisi banjir sudah surut, Alhamdulillah,” kata Iman. (ril/ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments