Ribuan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Diseminasi Sex Education USU

MEDAN (alfatih-media.com)-Ratusan pelajar dan mahasiswa sekota Medan antusias mengikuti diseminasi tentang sex education yang diselenggarakan Universitas Sumatera Utara (USU) di auditorium USU, Jum’at (20/9/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis USU ke 67 tahun.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini diantaranya, Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar M. Ked (OG), Sp.OG (K) yang memaparkan informasi tentang “kesehatan dan reproduksi remaja”. Kemudian, ada dr Fazidah Aguslina Siregar, M Kes Ph.D tentang “Gaya hidup sehat remaja dalam mendukung kesehatan reprodukdi” dan Nur Afi Darti, S.Kep, M.Kep tentang “prilaku seks bebas dan dampaknya terhadap kesehatan reproduksi”.

Wakil Rektor III USU, Drs Mahyddin KM Nasution saat membuka kegiatan mengatakan, saat ini baik pelajar dan mahasiswa sudah banyak yang bergantung kepada ponsel. Untuk itu dia mengingatkan, agar remaja terhindar dari yang namanya seks bebas, maka sebaiknya tidak tergantung kepada ponsel.

“Main ponsel boleh, tapi gunakanlah untuk yang bermanfaat. Fokuslah pada pencapaian cita-cita kalian,”ujarnya.

Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar M. Ked (OG), Sp.OG (K) dalam paparannya mengatakan, beberapa factor penyebab seks bebas dikalangan remaja yakni, dari kualitas diri remajanya sendiri. Berbagai aktivitas yang mengarah pada pemuasan seksual menunjukkan tidak berhasilnya remaja dalam mengendalikan atau mengalihkan dorongan tersebut ke kegiatan lain yang sebenarnya masih bisa dikerjakan.

“Ditambah lagi kualitas keluarga. Dimana, orangtua kurang memperhatikan perilaku anak-anaknya, sehingga kegagalan fungsi orangtua menjadi salah satu factor penyebab perilaku seks bebas. Oleh karena itu, selain pengendalian diri dari remaja itu, juga sangat dibutuhkan perhatian yang serius dari keluarga, terutama orangtua,”ucapnya.

Ketua Panitia Dies Natalis USU, Prof Dr Dra ida Yustina menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang seks kepada pelajar dan mahasiswa, agar mereka tidak terjerumus dalam seks bebas, sehingga bisa menghambat cita-citanya. Setelah kegiatan ini sebutnya, akan ada kegiatan bakti sosial dan USU Family Day yang diselenggarakan civitas akademika USU dari mulai 18 September hingga 21 September seperti, jalan sehat, bazar, kecantikan, donor darah, lomba memancing, lomba cerdik, pemeriksaan gigi dan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan hari puncak akan diselenggarakan pada Selasa (24/9/2019).

Dimana, di hari puncak ini akan diadakan orasi ilmiah. Kemudian sebutnya, ada 8 cabang seni yang akan diperlombakan dalam kesempatan ini, yaitu master of ceremony (MC), stand up comedy, sulap, tari, paduan suara, puisi, violin dan band. Berdasarkan data panitia, jumlah peserta yang mendaftar ada 120 grup, namun yg mendaftar ulang sampai hari terakhir sebanyak 83 group.

“Sementara dewan juri yang bertugas terdiri dari 5 orang juri profesional dengan latarbelakang etnomusikologi, perilaku, jurnalis, profesional musisi dan psikologi.Dengan begitu, maka tampilkanlah kreativitas dan kemampuan Anda semua dengan baik. Agar hasil yang diperoleh nantinya pun juga baik,”ujarnya.(ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments