Reaksi Dunia Terhadap Kemenangan Tak Terduga Arab Saudi di Piala Dunia

Alfatih-media.com-Arab Saudi menyatakan hari Rabu (23/11/2022) sebagai hari libur nasional sebagai bentuk perayaan kemenangan 2-1 melawan Argentina di Piala Dunia FIFA 2022. Libur umum untuk semua pegawai negeri dan sektor swasta serta siswa pria dan wanita di semua tingkat pendidikan, pemerintah mengumumkan.

Menjelang pertandingan, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mengatakan kepada tim nasional, “Yang ingin saya katakan adalah tetap santai, mainkan permainan Anda dan lakukan pekerjaan Anda.” Sedikit yang percaya bahwa ini hanyalah permainan lain, ini adalah momen pembangunan bangsa, kesempatan untuk membalikkan keadaan.

Universitas diberi libur sore bagi siswa untuk menonton pertandingan. Jalanan kota hampir ditinggalkan. Wanita bergabung dengan pria di banyak kafe dan restoran untuk melihat salah satu kemenangan yang paling tidak terduga dalam sejarah Piala Dunia.

Ada ketidakpercayaan dan kesedihan di Argentina saat peluit akhir dibunyikan hampir 14.000 kilometer jauhnya di Qatar. Majalah sepak bola Argentina Olé menyebutnya sebagai whammy atau pukulan keras bagi Argentina.

Penggemar yang sangat gembira meledak dalam perayaan di seluruh dunia Arab. Segera setelah kemenangan tim mereka, penggemar Saudi yang menyaksikan pertandingan secara langsung membanjiri jalan-jalan di luar Stadion Lusail mengibarkan bendera hijau dan putih negara mereka sambil bernyanyi dan bahkan memeluk penggemar Argentina yang putus asa.

“Saya terdiam,” kata penggemar Arab Saudi Sultan Alharthi. “Saya bahkan tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya saya, karena saya tidak menyangka kami akan menang.”

Di Suriah barat laut, kubu oposisi negara yang dilanda perang, penduduk berkumpul di kafe bersorak dan merayakan setelah peluit akhir. Itu adalah perubahan yang menyenangkan untuk daerah kantong, di mana jutaan orang menderita karena seringnya serangan udara dan kemiskinan.

Di kota Idlib, Ahmad Al Absi mengatakan kemenangan Arab Saudi adalah dorongan moral yang sangat dibutuhkan bagi warga Suriah dan Arab di seluruh Timur Tengah, bahkan jika itu berarti melihat tim sepak bola favoritnya kalah.

“Ini menunjukkan bahwa kami memiliki orang-orang bertalenta yang dapat mencapai banyak hal di panggung global,” kata Al Absi, seorang penggemar Argentina. “Kami memimpikan masa depan yang lebih baik sebagai orang Arab, dan dorongan moral ini mengingatkan kami bahwa tidak ada yang mustahil.”

Di jalan-jalan Amman, Yordania, puluhan warga negara Saudi dan Yordania merayakan di jalan-jalan, membawa bendera Saudi atau menempatkannya di mobil mereka dan membunyikan klakson.

Di wilayah Gaza yang terkepung, penduduk Palestina bergembira, mengatakan bahwa mereka berdiri bersama Arab Saudi di saat kejayaan sepak bola. “Mereka mendukung kami secara politik dan sosial, jadi perayaan ini semacam timbal balik,” kata warga Abu Khalil.

Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, juga men-tweet ucapan selamat. Sementara Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, sempat mengenakan bendera Saudi. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments