Raja Maroko Mohammed VI Resmikan Pemerintahan Baru

Alfatih-media.com-Raja Maroko Mohammed VI pada hari Kamis (7/10/2021) menunjuk pemerintahan baru, yang dipimpin oleh taipan miliarder Aziz Akhannouch.

Dua puluh empat anggota kabinet termasuk tujuh perempuan sebagian besar terdiri dari teknokrat, dengan Menteri Luar Negeri Nasser Bourita mempertahankan perannya.

Raja Mohammed VI memimpin upacara di istana kerajaan di Fez, menunjuk anggota pemerintahan baru, kata istana dalam sebuah pernyataan.

Daftar menteri termasuk anggota RNI liberal dan runner-up pemilu Partai Keaslian dan Modernitas (PAM), keduanya dianggap dekat dengan istana, dan Partai Istiqlal konservatif.

Bourita dan Menteri Dalam Negeri Abdelouafi Laftit adalah independen.

RNI memenangkan 102 dari 395 kursi parlemen dalam pemilihan 8 September, menyapu bersih Partai Keadilan dan Pembangunan (PJD) moderat yang telah memimpin koalisi pemerintahan selama satu dekade tetapi hanya meraih 13 kursi.

Pengusaha Akhannouch (yang memiliki kekayaan US$ 2 miliar menurut Forbes) telah memimpin RNI sejak 2016.

Partainya dianggap dekat dengan istana dan telah menjadi bagian dari semua pemerintahan koalisi selama 23 tahun terakhir, kecuali selama periode singkat antara 2012 dan 2013.

Setelah kemenangannya, Akhannouch berjanji untuk memperbaiki kondisi warga Maroko, di mana ketidaksetaraan sosial yang mengakar telah diperburuk oleh pandemi.

Pemerintah baru juga akan menjabat di tengah meningkatnya ketegangan dengan saingan regional Aljazair, yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Rabat pada Agustus atas apa yang dikatakannya sebagai “tindakan bermusuhan”.

Maroko menyebut langkah itu sama sekali tidak dapat dibenarkan dan didasarkan pada dalih yang salah, bahkan tidak masuk akal. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments