Protes di Turki Serukan Erdogan Undurkan Diri

Alfatih-media.com-Puluhan orang turun ke jalan di Turki, menyerukan pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk mengundurkan diri, setelah mata uang negara tesebut, Lira jatuh sebesar 15 persen terhadap dolar AS pada hari Selasa (23/11/2021).

Para pengunjuk rasa meneriakkan: “AKP ke liang lahat, rakyat berkuasa.” AKP adalah Partai Keadilan dan Pembangunan, partai penguasa Erdogan.

Video di media sosial menunjukkan pasukan polisi mengintervensi dan memblokir jalan para pengunjuk rasa yang berkumpul di Istanbul dan ibu kota Ankara.

Harian sayap kiri Turki yang berbasis di Istanbul BirGün Gazetesi menulis di Twitter, “Setelah kenaikan tajam nilai tukar, warga turun ke jalan di Ankara: AKP diminta mengundurkan diri!”

“AKP, ini negara kami, pergilah,” teriak pengunjuk rasa di Istanbul menentang tingkat inflasi yang tinggi, sebagaimana dikutip @ava_today di Twitter.

Barikade polisi dilaporkan ditempatkan di Taksim Square di Istanbul, menurut pengguna media sosial.

Lira Turki jatuh 15 persen terhadap dolar AS pada hari Selasa (23/11/2021). Mata uang Turki telah kehilangan 45 persen nilainya tahun ini, menjadi mata uang dengan kinerja terburuk di dunia pada tahun 2021. (berbagai sumber)

 

 

Latest Articles

Comments