PM Dbeibah Maju Sebagai Capres Libya

Alfatih-media.com-Perdana Menteri sementara Libya, Abdulhamid al-Dbeibah mendaftarakan diri sebagai calon presiden pada hari Minggu (21/11/2021) meskipun telah bersumpah untuk tidak melakukannya. Sumpah itu disebutkannya sebagai syarat untuk mengambil jabatannya saat ini. Meskipun ada aturan pemilihan yang diperdebatkan yang mungkin mengesampingkannya.

Masuknya Dbeibah ke dalam persaingan yang sekarang menampilkan banyak pemain utama Libya dari kekacauan dekade terakhir menambah gejolak atas pemungutan suara yang akan berlangsung dalam waktu lima minggu, tetapi aturannya belum disepakati.

Pemilihan parlemen dan presiden pada 24 Desember diminta oleh forum politik PBB tahun lalu sebagai bagian dari peta jalan untuk mengakhiri perang saudara Libya, sebuah proses yang juga mengarah pada pembentukan pemerintahan persatuan sementara Dbeibah.

Libya memiliki gejolak stabilitas sejak pemberontakan yang didukung NATO 2011 yang menggulingkan Muammar Gaddafi sebagai negara terfragmentasi di antara berbagai kelompok bersenjata. Pemerintah terpecah pada tahun 2014 antara pemerintahan saingan yang bertikai yang berbasis di timur dan barat.

Namun, perselisihan mengenai pemilu mengancam untuk menggagalkan proses perdamaian yang didukung PBB yang muncul tahun lalu setelah runtuhnya serangan militer timur untuk merebut ibu kota Tripoli. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments