Pesan Rasulullah Untuk Orang yang Suka Marah

Alfatih-media.com-Siapa yang pernah marah? Setiap orang pasti pernah marah. Penyebabnya bisa macam-macam. Karena tidak suka dengan sikap orang lain misalnya. Tapi marah yang berlebihan juga tidak baik. Karena kalau sudah berlebihan, emosi susah untuk dikontrol, akhirnya kita melakukan perbuatan yang tidak diinginkan.

Rasulullah pernah mengingatkan agar jangan marah. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah dikisahkan seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah untuk minta wasiat. Laki-laki itu berkata, “Wahai Rasulullah berilah aku wasiat”. Rasulullah berkata:

لا تغضب

“Jangan marah”

Rasulullah mengulangi kalimat ini beberapa kali. Hadis ini diriwayatkan Imam al-Bukhari dalam Shahih al-Bukhari. Rasulullah mengatakan ini karena beliau tahu kalau laki-laki yang bertanya ini orang yang gampang marah. Makanya Rasulullah memberi nasihat tentang ini. Rasulullah biasanya memberi nasihat sesuai dengan kondisi dan keadaan orang yang ada di hadapannya.

Dalam hadis lain, Rasulullah berkata, “Orang yang kuat itu bukan orang yang menang dalam pertarungan, tapi orang yang kuat menahan amarah” (HR: Bukhari). Ketika marah biasanya orang tidak bisa mengontrol dirinya. Dia berkata kasar dan melakukan hal-hal yang dilarang dalam Islam. Karena itu, Rasulullah mengatakan, “Marah itu dari setan” (HR: Abu Daud).

Supaya rasa marah cepat hilang, kita dianjurkan untuk berwudhu dan memperbanyak baca dan meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari godaan setan. (sumber:Islami.co)

 

Latest Articles

Comments