Penulis Muslimah Ini Juarai Man Booker International Prize 2019

Alfatih-media.com-Jokha Alharthi, seorang penulis keturunan Oman telah menjadi penulis berbahasa Arab pertama yang memenangkan Hadiah Internasional Man Booker dengan bukunya Celestial Bodies. Hadiah ini merupakan alternatif dari Man Booker Prize untuk novel berbahasa Inggris dan terbuka untuk buku-buku dalam bahasa apa pun yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Buku Alharthi mengalahkan lima finalis lain dari Eropa dan Amerika Selatan, termasuk pemenang tahun lalu. Benda Surgawi dipilih dari daftar yang hampir seluruhnya perempuan dan diterbitkan secara independen. Penulis ingin membagi uang hadiah £ 50.000 dengan penerjemahnya, profesor akademik AS Marilyn Booth.

Novel pemenang Alharthi adalah kisah tiga saudara perempuan dan negara padang pasir yang berhadapan dengan masa lalu yang memiliki budak dan dunia modern yang kompleks.

Buku berjudul Celestial Bodies adalah kisah yang berlatar di desa Oman al-Awafi dan mengikuti kehidupan tiga saudara perempuan: Mayya, yang menikahi keluarga kaya setelah patah hati; Asma, yang menikah untuk tugas; dan Khawla, menunggu seorang pria yang telah beremigrasi ke Kanada.

Sejarawan dan penyiar Bettany Hughes mempersembahkan hadiah itu dan berkata tentang buku yang menang.

“Keseniannya yang lembut menarik kita ke dalam komunitas yang kaya imajinasi - membuka diri untuk menangani pertanyaan mendalam tentang waktu dan kematian serta aspek-aspek yang mengganggu dari sejarah kita bersama,” jelasnya.

Hughes mengatakan para hakim menyukai "kesenian halus" dari novel Alharthi.

"Ini kurang semarak dari beberapa buku lain, ada semacam puitis licik untuk itu. Ini mulai terasa seperti drama domestik di dunia yang menarik, tetapi dengan lapisan filsafat, psikologi dan puisi, Anda tertarik pada prosa, melalui hubungan antar karakter. Itu mendorong kami untuk membaca dengan cara yang sedikit berbeda,” jelasnya.

Kepala eksekutif Man Group, Luke Ellis, menambahkan sebagai salah satu penghargaan sastra pertama yang merayakan karya penulis internasional dan, dalam beberapa tahun terakhir, untuk merayakan fiksi dalam terjemahan, Hadiah Internasional Man Booker memainkan peran yang tak ternilai dalam mendorong semangat. keragaman suara dalam fiksi di seluruh dunia.

Cerita Oman

Alharthi, yang telah menulis dua koleksi cerita pendek dan buku anak-anak, dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa termasuk Jerman, Italia, Korea dan Serbia, mengatakan ia berharap Badan Surgawi akan membantu pembaca internasional menemukan bahwa Oman memiliki komunitas menulis yang aktif dan berbakat yang tinggal dan bekerja untuk karya seni mereka.”

Sebelum mendapatkan berita bahwa dia telah menang, penulis menambahkan: Mereka berkorban dan berjuang dan menemukan kegembiraan dalam menulis, atau dalam seni, sama seperti di tempat lain. Ini adalah sesuatu yang dimiliki oleh seluruh dunia. Oman, melalui tulisan mereka, mengundang orang lain untuk melihat Oman dengan pikiran dan hati terbuka.

“Di mana pun Anda berada, cinta, kehilangan, persahabatan, rasa sakit, dan harapan adalah perasaan yang sama dan manusia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk percaya pada kebenaran ini,” pungkasnya. (mvslim/dbs/gm/ef)

 

 

Latest Articles

Comments