Pentingnya Membangun Karakter Di Sekolah

MEDAN (alfatih-media.com)-Membangun karakter di sekolah sangatlah penting. Karena, siswa yang memiliki karakter yang baik akan memiliki akhlak yang baik dikehidupannya sehari-hari. Apalagi, sumber kesuksesan dan kebahagiaan itu berasal dari akhlak yang baik.

Demikian tausiah singkat yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Khairil dalam kajian “Radio Alfatih Go to School” di sekolah Azzakiyah Islamic School yang terletak di Jalan Metereologi IV, Medan.

Ustadz Khairil mengatakan, di era sekarang dengan perkembangan tekhnologinya, banyak anak-anak yang  lebih cenderung dengan media sosialnya. Dari media sosial itu sendiri, tidak hanya anak-anak saja, bahkan orangtua juga dapat terpengaruh dengan hal buruk. Seperti, mengolok-olok dan mencela orang lain dari media sosial.

“Inikan tidak baik, karena belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita olok-olok. Itu salah satu pemicunya efek dari medsos. Banyak kerukunan rumah tangga pecah juga gara-gara medsos. Untuk itu, saya ingin mengajak anak-anak dan orangtua disini, manfaatkanlah gadget ke hal yang lebih positif. Jangan saling meriba, jangan memata-matain kelemahan orang lain. Mencari-cari kesalahan orang lain, itu haram,”katanya.

Untuk itu kata Ustadz Khairil, sangat penting adanya pembangunan karakter di sekolah-sekolah, supaya anak-anak sejak dini memiliki akhlak yang baik.

“Akhlak itu penting karena sumber kebahagiaan itu dari akhlak. Dan, dunia mengakui bahwa sumber sukses itu dari akhlak. Bahkan, misi utama Rasululullah itu dari akhlak. Akhlak yang mulia adalah magnet dari segala kebahagiaan. Akhlak itu merupakan ajaran pokok dari islam. Semakin tinggi pemahaman ajaran agamanya, maka akan semakin tinggi akhlak kita,”ucapnya. 

Kepala Sekokah Azzakiyah Islamic School, Rokayah menyebutkan, Azzakiyah Islamic School sudah sejak lama memiliki program membangun karakter para siswanya. Karena, karakter itu mencerminkan akhlak kita.

“Akhlak itu bisa terjadi secara spontan. Bukan sesuatu yang dibuat-buat. Kenapa perlu sekali pembentukan karakter dan menanamkan karakter. Tujuan kita untuk beribadah kepada Allah, supaya anak-anak memiliki akhlak yang baik. Untuk itu, di sekokah itu targetnya menguatkan iman, karena sebagai tujuan hidup kita beribadah kepada Allah,”tuturnya.

Dijelaskannya, untuk membentuk karakter siswanya, ada tiga konsep yang dijalani. Diantaranya, pertama mengenal dirinya dengan baik.

“Kalau sudah mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Robbnya. Tidak menyakiti diri sendiri. Bagaimana caranya anak bisa menanamkan konsep diri tidak menyakiti diri sendiri. Misanya, makan tepat waktu. Itu kan kebutuhan tubuhnya. Kalau itu dilanggar, maka dia menyakiti tubuhnya,”sebutnya.

Konsep yang kedua sebutnya, tidak menyakiti orang lain. “Ada yang bisa menjaga dirinya, tapi tidak bisa menjaga orang lain. Padahal, ada hak orang lain yang harus dipenuhi untuk dirinya. Misalnya, adab mendengarkan orang lain. Saat kapan harus bicara, kapan harus mendengarkan. Ini karakter yang kita harapkan bisa jadi kebiasaan dalam kehidupannya sehari-hari,”ucapnya.

Ketiga lanjutnya , tidak merusak lingkungan. Lingkungan ini bermakna tidak hanya peduli terhadap tumbuhan dan hewan saja. Akan tetapi apa saja yang Allah ciptakan baik halaman, kelas, tanaman disekitar sekolahnya.

Sementara itu, Manager Stasiun Radio Muslim Alfatih, Nazlan Azhari menyebutkan, program “Alfatih Go To School” ini diadakan setiap hari Jum’at setiap minggunya ke tiap sekolah dengan menghadirkan ustadz untuk memberikan tausiah yang bermanfaat kepada para siswa dan gurunya. Kemudian, tausiyah yang berlangsung satu jam itu akan di live kan di radio Alfatih 107,3 FM.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan akhlak yang lebih baik sejak dini, sehingga lahir generasi yang cerdas dengan akhlak yang baik kedepannya, radio Alfatih 107,3 FM menggelar “Alfatih Go To School” ke sekolah-sekolah yang ada di kota Medan,”imbuhnya. (ef/foto:alfatih)

Latest Articles

Comments