Pentingnya Informasi Seks Edukasi dan Anemia Untuk Kesehatan Remaja Putri

Alfatih-media.com-Menjaga kesehatan reproduksi merupakan hal yang penting terutama bagi para remaja, terkhususnya remaja putri. Untuk itu, dosen Institut Kesehatan Helvetia memberikan edukasi kepada remaja tentang pentingnya menjaga kesehatan khususnya kesehatan reproduksi.

Novy Ramini Harahap, SST M.Keb mengatakan, konsumsi makananan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan remaja putri untuk mencegah terjadinya anemia pada remaja putri. Dampak remaja enemia ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi kedepannya karena sirkulasi darah yang tidak lancar.

Keadaan anemia pada remaja putri dapat menurunkan kesehatan reproduksi, seringa pusing dan lemas dan berakhir dengan terganggunya proses belajar.

Novy berharap, agar mahasiswi dapat menghindari makanan junk food ataupun makanan yang terlalu banyak mengandung MSG

Raudah, SST, M.keb menambahkan, selain anemia dan konsumsi makanan perlu diketahuioleh remaja adalah tentang pendidikan seks. Pendidikan pada remaja juga sangat penting untuk diketahui.

“Bagaimana cara remaja putri bergaul dengan lawan jenis, batasan batasan yang harus diketahui agar tidak terjadi masaah kesehatan reproduksi. Remaja putri juga harus mengetahui perubahan dari sistem reproduksinya ataupun masalah yang dia rasakan ketika saat menstruasinya datang. Selian itu, pada remaja diharapkan mengetahui bagaimana perilaku seksual  yang sehat untuk mencegah terjadinya  pelecehan seksual,” jelasnya.

Dia berharap, jika remaja putri mengetahui tentang asupan makanan dan penidikan seks dapat menjaga kesehatan reproduksinya “Remaja sehat, ibu sehat dan generasi bangsa juga sehat,” ujarnya. (*)

 

 

 

Latest Articles

Comments