Pendaftaran SNMPTN Dibuka 14 Februari, UTBK SBMPTN 15 Maret

MEDAN (alfatih-media.com)-Seleksi pertama untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah dibuka sejak Senin (15/2/2021). Sementara itu, proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada Rabu (24/2/2021) mendatang.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Syamsul Gultom SKM MKes menyebutkan, siswa SMA sederajat yang bisa mendaftar jalur SNMPTN adalah lulusan tahun 2021 dan telah memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), masuk dalam siswa yang eligible yang ditetapkan oleh sekolah, dan data nilai rapor semester 1-5 telah di input oleh sekolah pada PDSS. Tidak semua siswa SMA sederajat bisa mendaftar jalur SNMPTN, tetapi hanya siswa yang memenuhi persyaratan sesuai keterangan di atas.

“Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal https://snmptn.ltmpt.ac.id,” kata Syamsul, melalui press releasenya kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Rektor menyebutkan, siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Tujuh Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

Bagi siswa siswi yang ingin mendaftar PTN, berikut tujuh tahapan pendaftaran SNMPTN 2021. Pertama, Login di portal LTMPT melalui https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

Kedua, siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman profil. Ketiga, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan. Keempat, siswa mengisikan portofolio pada halaman portofolio, bagi yang memilih prodi olahraga dan seni. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisikan.

Kelima, siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

Keenam, siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

Dan, ketujuh, siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

"Saat login, jika siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan berikut: “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021"," jelas Rektor Unimed, Syamsul Gultom.

Syarat Pendaftaran Masuk PTN

Siswa saat mendaftar dapat memilih maksimal 2 Prodi dari satu atau dua PTN, jika memilih dua Prodi maka salah satu pilihan Prodi harus di PTN yang sama dengan asal provinsi sekolah. Jika pilihan 1 Prodi bisa di PTN mana saja. Siswa yang memilih Prodi Seni dan Olahraga diwajibkan unggal dokumen portofolio sesuai bidang Prodi yang di pilih.

"Pengumuman siswa yang dinyatakan lulus jalur SNMPTN 2021 akan disampaikan pada 22 Maret 2021," sebut Rektor Unimed, Syamsuk Gultom.

Dia menyebutkan, pendaftaran UTBK SBMPTN akan dibuka pada 15 Maret sampai 1 April 2021. Saat ini masih proses pendaftaran akun LTMPT yang sudah di buka pada 7 Februari sampai 12 Maret 2021. Sedangkan pelaksanaan Ujian UTBK akan dilaksanakan dalam 2 gelombang yakni gelombang 1 pada 12-18 April 2021, dan gelombang 2 pada 26 April sampai 2 Mei 2021.

"Pengumuman siswa yang dinyatakan lulus jalur SBMPTN akan disampaikan pada 14 Juni 2021," ucapnya.

Adapun persyaratan siswa yang boleh mengikuti UTBK SBMPTN 2021 diantaranya, siswa SMA sederajat lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang sudah memiliki ijazah, memiliki akun LTMPT, mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021, memiliki kesehatan yang memadai, bagi siswa yang memilih Prodi Seni dan Olahraga, wajib mengunggah dokumen portofolio

"Pendaftaran jalur SNMPTN tidak dikutip biaya karena ditanggung pemerintah, sedangkan untuk mengikuti UTBK siswa harus membayar biaya sebesar Rp. 200.000,- untuk siswa yang memilih kelompok ujian Saintek dan Soshum. Sementara, yang memilih kelompok ujian campuran membayar Rp. 300.000 untuk pilihan Prodi sama dengan jalur SNMPTN," ujarnya.

Siswa Siswi Diminta Persiapkan Diri

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes, menyampaikan agar seluruh siswa SMA sederajat di Sumatera Utara harus cepat tahu informasi penting ini.

"Bagi siswa-siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan studi ke PTN yang diminati. Kami Unimed mendorong agar seluruh siswa yang memenuhi persyaratan dapat mempersiapkan diri untuk mendaftar jalur SNMPTN, jika belum lulus masih bisa mengikuti jalur SBMPTN, dan jika masih belum lulus juga masih ada jalur terakhir yaitu jalur Mandiri," sebut Syamsul Gultom.

Disebutkannya, tahun 2021 ini, Unimed menyediakan kuota sebanyak 7.500 untuk tiga jalur. Jalur SNMPTN koutanya 20 persen dari total kouta, jalur SBMPTN 50 persen dan jalur Mandiri 30 persen.

"Kami mengundang para duta masa depan harapan bangsa untuk melanjutkan studi di Unimed, kita memiliki 51 Prodi S1, 18 Prodi S2 dan 6 Prodi S3 dan 2 Prodi D3. Rincian Prodi dan koutanya dapat dilihat pada laman http://ltmpt.unimed.ac.id. Kami sarankan bulatkanlah tekad dalam memilih Prodi dan PTN yang para siswa minati. Perbanyaklah belajar, berusaha dan berdoa, semoga siswa SMA sederajat di Sumatera Utara dapat lulus di PTN yang diminati. (ef/foto:ist)

 

Latest Articles

Comments