Pemprov Sumut Siapkan Anggaran Penanganan Covid-19 Tahap II

MEDAN (alfatih-media.com) – Memasuki bulan Juli, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mulai menyiapkan anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 tahap II. Jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahap I sekitar Rp500 miliar.

Hal itu pun disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam keterangan pers secara live streaming, di Media Center Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, kemarin.

“Pada hari ini kita telah berada di bulan Juli 2020, dimana kita memasuki Tahap II penanggulangan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Anggaran biaya yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk tahap II tidak jauh berbeda dengan anggaran pada tahap I sekitar Rp500 Miliar,” ujar Whiko.

Whiko menjelaskan, anggaran tersebut diperuntukan untuk stimulus ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. “Stimulus ekonomi yang juga menjadi prioritas,” tambahnya.

Disampaikan juga, saat ini Sumut masih melanjutkan masa transisi New Normal dan GTPP Covid-19 Sumut masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat tentang pelaksanaan konsep New Normal di daerah ini.

“Pemprov Sumut juga telah meminta kabupaten/kota mulai menyosialisasikan kepada masyarakatnya tentang kebijakan masing-masing daerah pada masa New Normal dan memfinalkan rancangan peraturan bupati dan walikota yang akan diberlakukan,” ujarnya.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, hingga 1 Juli 2020 pukul 17.00 WIB, disebutkannya untuk pasien sembuh bertambah 12 menjadi 417 orang, pasien meninggal bertambah 6 orang menjadi 98 orang, kasus positif bertambah 50 menjadi 1.601 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 242 orang.

GTPP Covid-19 Sumut juga menyampaikan bahwa langkah terbaik saat ini adalah memutus rantai penularan Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

“Sekali lagi kami ingatkan gunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak 1-2 meter, cuci tangan dengan sabun dan air serta hindari kerumunan orang banyak,” tambahnya. (ril/ef/foto:ist)

Latest Articles

Comments