Organisasi yang Dikendalikan Khamenei Peroleh Bagian Gunung Damavand

Alfatih-media.com- Menurut berita harian Iran, sebuah organisasi yang dikontrol langsung oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei telah memperoleh bagian Gunung Damavand, gunung tertinggi di negara itu, yang memicu kecaman di kalangan warga Iran.

Harian pemerintah Hamshahri melaporkan pada Minggu (26/7) bahwa Organisasi Wakaf Iran telah memperoleh Gunung Damavand dan lereng yang menuju ke puncak.

Organisasi ini adalah bagian dari Kementerian Kebudayaan, tetapi kepalanya harus secara pribadi disetujui oleh Pemimpin Tertinggi.

Gunung Damavand, gunung berapi yang berpotensi aktif setinggi 5.600 meter, adalah gunung tertinggi di Iran dan gunung berapi tertinggi di Asia. Itu terdaftar sebagai monumen nasional pada tahun 2008.

Akuisisi ini selesai dengan persetujuan dari otoritas peradilan tertinggi di negara itu, Mahkamah Agung Iran, kata Hamshahri. Putusan itu telah memicu kritik dari Iran di media sosial dan juga dari beberapa pejabat.

Pengadilan tertinggi mengeluarkan putusan tanpa berkonsultasi dengan Organisasi Hutan dan Padang Rumput, Mohammad Rajab Ali Pisheh, seorang pejabat di Kantor Sumber Daya Alam Provinsi Mazandaran, kepada Hamshahri.

“Sumber daya alam negara itu tidak lagi cukup, mereka sekarang datang untuk Damavand,” cuit analis politik Iran Alihossein Ghazizadeh.

“Ketika kantong rezim kosong, itu akan mengetuk pintu setiap Iran dan menuntut sesuatu yang lebih. Jika kami tidak segera bertindak, semua Iran akan didedikasikan untuk menjaga rezim tetap berkuasa,” tambah Ghazizadeh dalam twit yang sama.

“Republik Islam menjarah sumber daya alam Iran dan tanah nasional dengan serangan yang tak pernah puas,” twit pengguna lain.

Seperti kebanyakan organisasi Iran di bawah pengawasan langsung Khamenei, Organisasi Endowmen dituduh kurang transparan mengenai status keuangannya. Organisasi itu tidak pernah merilis laporan transparan tentang transaksinya, menurut Radio Farda. (Sumber: berbagai sumber)

Latest Articles

Comments