Mulai Hari Ini, Kampus USU Di Lockdown

MEDAN (alfatih-media.com)-Untuk mencegah penyabaran virus Corona (Covid-19), pihak rektorat Universitas Sumatera Utara (USU) memberlakukan lockdwon (mengunci atau menutup seluruhnya) kampus USU mulai hari ini, Selasa (24/3/2020) sampai dengan Selasa (7/4/2020) mendatang. Lockdown ini juga sesuai dengan himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah (social distancing).

“Penyebaran virus Corona ini semakin meluas dan mengkhawatirkan. Jadi, untuk mencegah agar tidak semakin meluas kami pihak rektorat. emutuskan untuk lockdown,” kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, melalui surat edarannya yang dibagikan kepada wartawan melalui whatsapp group, Senin (23/3/2020).

Keputusan lockdown tersebut sebagai upaya peningkatan pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease di lingkungan USU tersebut disampaikan melalui surat edaran dengan nomor: 3545/UN5.1.R/KPM/2020 tanggal 23 Maret 2020.

Rektor USU, Runtung Sitepu menyebutkan, langkah lockdown itu menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor: 3195/UN5.1.R/KPM/2020 tanggal 16 Maret tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19), setelah mendengar masukan dari Majelis Wali Amanat (MWA) USU. Masa lockdown itu menjadikan semua kegiatan dan pelaksanaan tugas-tugas administrasi di USU dikerjakan dari rumah masing-masing (bekerja dari rumah).

“Petunjuk lebih lanjut dapat menghubungi dan berkoordinasi dengan pimpinan USU, pimpinan fakultas, atau pimpinan unit kerja masing-masing,” ujarnya.

Namun, kata Runtung, pimpinan, staf dan pegawai Rumah Sakit USU tetap bekerja seperti biasanya. Demikian juga Satuan Pengamanan (Satpam) tetap bekerja seperti biasa untuk menjaga keamanan di lingkungan Kampus USU, sesuai dengan lokasi tugasnya masing-masing dengan tetap menerapkan langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19 dengan baik.

Didalam surat edaran, kata Runtung, selama masa lockdown, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, poliklinik, fasilitas olahraga, gedung-gedung pertemuan, Kantor Unit Kegiatan Mahasiswa dan fasilitas umum lainnya di lingkungan Kampus USU juga ditutup.

Namun, petugas kebersihan yang outdoor, Pusat Sistem Informasi dan Biro Keuangan tetap dibuka dengan mengatur sistem kerja secara shift.

Runtung mengatakan, surat edaran Rektor Nomor: 3195/UN5.1.R/KPM/2020 mengatur bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan akademik lainnya tetap dilaksanakan secara daring (online) melalui platform E-Learning USU pada laman https:/elearning.usu.ac.id dan/atau berbagai platform dan media lainnya seperti google classrooms dan zoom.

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan bimbingan tugas akhir dapat dilaksanakan secara daring (online). Selama USU masih dalam masa lockdown, dia meminta semua dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan USU agar menghindari aktivitas di luar rumah (social distancing).

“Bila sangat diperlukan, agar menerapkan tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19 dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Dalam surat edaran itu, Rektor USU melakukan diskresi terhadap Peraturan Kepegawaian mengenai kehadiran kerja dan Peraturan Akademik mengenai kehadiran kuliah.

Runtung meminta, surat edaran yang dikeluarkan itu dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab demi kebaikan bersama. Surat itu ditembuskan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, ketua MWA USU sebagai laporan, ketua Senat Akademik USU, dan ketua Dewan Guru Besar USU. (ef/foto: ist)

 

Latest Articles

Comments