Mengenal Tiga Belas Nama Surah At-Taubah

Alfatih-media.com-Surah At-Taubah adalah surah yang terdiri atas 129 ayat dan menempati urutan kesembilan dalam mushaf Al-Qur’an. Surah yang termasuk dalam golongan surah Madaniyah ini turun ketika perang Tabuk pada tahun kesembilan Hijriyah. Surah At-Taubah menurut Imam Zamakhsyari sebagaimana dikutip oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili di dalam kitab tafsir-nya memiliki beberapa nama.

  1. Bara’ah (berlepas diri). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang Allah Swt. dan Rasulullah saw. yang berlepas diri dari orang-orang munafik.
  2. At-Taubah (pertobatan). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang pertobatan orang-orang yang beriman.
  3. Al-Muqasyqasyah (terbebas). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang Allah Swt. dan Rasulullah saw. terbebas dari kemunafikan.
  4. Al-Muba’tsarah (terbongkar). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang terbongkarnya rahasia-rahasia orang-orang munafik.
  5. Al-Musyarradah (tercerai berai). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang tercerai berainya orang-orang munafik.
  6. Al-Makhziyyah (menghinakan). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang hinanya orang-orang munafik.
  7. Al-Fadhihah (penyingkap). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang menyingkap rahasia-rahasia orang-orang munafik.
  8. Al-Mutsirah (provokator). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang memprovokasi rahasia-rahasia orang-orang munafik.
  9. Al-Hafirah (penggali). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang menggali rahasia-rahasia orang-orang munafik.
  10. Al-Munakkilah (penghukum yang berat). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang orang-orang munafik yang diberi hukuman yang berat.
  11. Al-Mudamdamah (penurunan azab). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang orang-orang munafik yang diberi adzab oleh Allah swt.
  12. Suratul azab (surah tentang azab/siksaan).
  13. Al-Buhuts (pembahasan). Hal ini disebabkan karena di dalamnya berisi tentang pembahasan-pembahasan tentang rahasia-rahasia orang-orang munafik.

Demikianlah tiga belas nama-nama surah At-Taubah yang diturunkan pada masa perang Tabuk. Wa Allahu A’lam bis Shawab. (sumber:bincangsyariah)

Latest Articles

Comments