Memilih Waktu Terbaik untuk Memulai Usaha

Berdagang merupakan sebuah usaha yang sudah biasa kita jumpai, bahkan dari salah satu dari kita ada yang memiliki pekerjaan tersebut. Memiliki usaha dagang yang laris merupakan sebuah dambaan bagi setiap orang bukan? Pernahkah Anda melihat sebuah toko ataupun warung yang selalu ramai oleh pembeli? Tidak sedikit orang yang mencurigai bahwa orang tersebut mempunyai ajian semar mesem atau sejenisnya.

Jangan langsung berburuk sangka dulu dan merasa aneh, karena mungkin mereka mempunyai rahasia wajar yang belum kita ketahui tanpa menyertakan pelet atau sejenisnya. Nah, tahukah Anda bahwa setiap hari bahkan jam memiliki keistimewaan dan kegunaan masing-masing, sebagaimana Allah Swt. memulai penciptaan langit pada hari Minggu. Ini pasti terletak hikmah dan misteri tersendiri, karena tidak ada sesuatu yang sia-sia mengenai ciptaan Allah:

أفحسبتم انما خلقناكم عبثا

“Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud)”(QS : Almu’minun : 115).

Mengenai waktu-waktu yang baik maupun buruk, saya kutipkan pendapat ulama yang mungkin berdasarkan pengalaman dan tirakatnya sebagaimana terdapat dalam kitab Syamsul Ma’rif al-Kubra karya Syekh Ahmad Al-Buni berikut:

Pertama, waktu terbaik dalam memulai perniagaan antara lain bisa dimulai pada hari Selasa. Selain itu, dianjurkan juga memulainya antara pukul 08.00-09.00.

Kedua, memulai usaha pada hari Jumat antara pukul 13.00-14.00. Dalam catatan sejarah bangsa Arab, hari Jumat merupakan raja di antara hari-hari lain, sayyidul ayyam.

Ketiga, Anda bisa memulai pada hari Sabtu antara pukul 14.00-15.00. Hari dan waktu tersebut juga merupakan salah satu hari yang disarankan untuk memulai usaha. Menurut pengarang kitab di atas, insyaallah jika memulai pada waktu tersebut tidak akan terkena rugi ataupun bangkrut.

Sebetulnya setiap hari dan waktu sama saja, hanya saja Allah Swt. memberikan kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Dalam sebuah keterangan disebutkan:

واعلم ان من عرف الاوقات المناسبة للأعمال من خير او شر نال مراده من كل ما يريد

“Ketahuilah, sesungguhnya barang siapa yang mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu yang baik maupun buruk maka akan mendapatkan yang diinginkan” (Syamsul Ma’arif : 17). (sumber:bincangsyariah)

Latest Articles

Comments