Masuk Masjid Tidak Punya Wudhu, Bacalah Dzikir Ini

Alfatih-media.com-Dalam Islam, ketika kita masuk masjid, kita dianjurkan untuk masuk dalam keadaan punya wudhu atau suci dari hadas kecil. Menurut para ulama, masuk masjid dalam keadaan tidak punya wudhu hukumnya adalah makruh. Jika kita masuk masjid dalam keadaan tidak punya wudhu, maka kita dianjurkan untuk berdzikir sebagai pengganti dari wudhu.

Adapun dzikir yang dimaksud adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَ الله وَالْحَمْد لله وَلَا إِلَه إِلَّا الله وَالله أكبر وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

Subhaanallaah wal hamdulillaah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar walaa hawla walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung.

Dalam kitab Quutil Qulub fi Mu’amalatil Mahbub, Abu Thalib Al-Makki mengatakan bahwa ketika kita masuk masjid dalam keadaan tidak punya wudhu, maka kita dianjurkan untuk membaca dzikir di atas sebanyak empat kali. Beliau berkata sebagaimana berikut;

وليقل من قعد في المسجد من غير صلاة ركعتين تحية المسجد سبحان الله، والحمد لله ولا إله إلا الله، والله

أكبرهذه الاربع كلمات يقولها  أربع مرات فأنها عدل ركعتين في الفضل وكذلك من دخله وكان على غير وضوء او

مر في المسجد عابر طريق

Hendaklah orang yang duduk di masji tanpa melakukan shalat tahiyatul masjid dua rakaat untuk membaca; Subhaanallaah wal hamdulillaah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Empat kalimat ini hendaknya dia baca sebanyak empat kali karena hal itu bisa menyamai keutamaan dua rakaat tahiyatul masjid. Begitu juga (membaca kalimat di atas sebanyak empat kali) orang yang masuk masjid tanpa punya wudhu atau orang yang hanya sekedar lewat saja di dalam masjid. (sumber:BincangSyariah)

Latest Articles

Comments