Masjidil Haram Siapkan 80.000 Al-Quran Baru Jelang Haji

Alfatih-media.com-Masjidil Haram menyiapkan 80.000 Al-Quran baru menjelang haji tahun ini. Ghazi al-Thibiani, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Al-Quran dan Buku, mengatakan bahwa Al-Quran baru ini termasuk dalam format braille untuk orang buta, serta salinan interpretasi makna Al-Quran dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, Urdu dan Indonesia.

Al-Thibiani menambahkan bahwa direktorat telah menyiapkan program khusus yang akan memberikan salinan Al-Quran untuk setiap jemaah haji, selain program Al-Quran dengan terjemahan lebih dari 60 bahasa, melalui QR yang diunduh di ponsel pintar.

Pihak berwenang Arab Saudi mengungkapkan, bahwa mereka telah mendata total 172.562 jemaah yang telah melakukan perjalanan dari seluruh dunia ke Madinah jelang haji tahun ini.

Statistik kedatangan dan keberangkatan jemaah haji di Madinah yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah menunjukkan bahwa 156.828 jemaah telah tiba melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah sejak menerima haji pertama, sementara pusat imigrasi darat menerima 13.097 jemaah haji melalui penyeberangan perbatasan darat.

Statistik tersebut juga mengungkapkan kebangsaan jemaah haji yang tinggal di Madinah, menunjukkan bahwa jemaah haji Indonesia adalah peziarah internasional dengan proporsi tertinggi, yakni 24.478 jemaah, diikuti oleh peziarah dari India, Bangladesh, Irak, dan Iran.

Statistik menunjukkan bahwa 76.955 peziarah meninggalkan Madinah selama beberapa hari terakhir dalam perjalanan mereka ke tempat-tempat suci di Mekah. Awal bulan ini, Arab Saudi menyambut jamaah haji asing pertama sejak sebelum pandemi virus corona, yang mendorong pihak berwenang untuk secara tajam membatasi ritual tahunan sesuai dengan pedoman kesehatan global. (berbagai sumber)

Latest Articles

Comments