Manfaat Memperbanyak Sujud

Alfatih-media.com-Sujud adalah rahasia salat dan rukun salat yang paling mulia. Sebab sujud adalah dimensi mendekatkan diri pada Tuhan sedekat-dekatnya. Dalam keadaan bersujud itulah manusia bisa melepaska seluruh kesombonga dan keangkuhan dari dirinya, dengan menyadari bahwa asal manusia adalah dari tanah dan ia tidak akan bia keluar darinya. Tanah merupakan lambang kehinaan dan kerendahan diri manusia di hadapan Tuhan, sehingga sujud melambangkan manusia seakn-akan kembali kepada aslinya. Karena itulah sujud pantas untuk dipebanyak dalam melakukannya.

Dalam Nashaihul Ibad disebutkan bahwa memperbanyak sujud merupakan salah satu cara untuk bisa bertemu dengan Rasulullah. Nabi bersabda:

إن أراد أن تلقابي فأكثر السجود

Jika engkau ingin bertemu denganku (di surga), perbanyaklah engkau bersujud (HR Ahmad)

Jika memang keinginan untuk berjumpa dengan Rasulullah itu nyata dan bukan halusinasi, maka tentunya kita akan mengikuti anjuran Nabi untuk memperbanyak sujud. Rabi’ah bin Ka’ab Al Aslami pernah bermalam bersama Rasulullah, dan suatu ketika diminta Rasulullah untuk meminta sesuatu kepadanya. Rabi’ah meminta agar Rasulullah senantiasa menemani nya di surga, lantas Rasulullah bersabda:

فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud'” (HR. Muslim).

Sujud yang dilakukan itu merupakan simbol tawadlu dan ibadah kepada Allah, karena ketika sujud maka seseorang akan meletakkan anggota badan yang paling mulia dan yang paling tinggi posisinya, yang kemudian begitu saja diletakkan di atas tanah yang diinjak setiap hari. Jika kita memang ingin mentyatakan cinta kepada Rasulullah, tentunya kita akan tunjukkan dengan memperbanyak sujud kepada-Nya.

Banyak melakukan sujud tidak membuat kepala pusing sebab posisi kepala yang diletakkan di bawah, namun memperbanyak sujud ini justru menyehatkan otak manusia. Dr.Fidelma O Leary, Ph d,  Neuroscience dari St. Edward’s University, dalam penelitiannya menemukan sejumlah fakta, diantaranya bahwa aktivitas sujud ternyata membawa dampak positif di dalam kesehatan.. Dalam penelitiannya ditemukan bahwa ada beberapa urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki darah. Urat syaraf ini baru bisa dimasuki darah pada saat manusia bersujud.  Dan yang lebih mengejutkan lagi, bahwa urat syaraf ini hanya memerlukan darah pada waktu-waktu tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat lima waktu.

Begituu pula dengan  jantung yang letaknya di bawah otak . jantung hanya mampu menyalurkan 20% darah ke otak manusia. Sehingga dengan memperbanyak sujud, maka kekuatan menambah aliran darah ke otak semakin banyak. Terlebih jika sujudnya lama, amka semakin baik untuk aliran darah tersebut. Hal tersebut terjadi karena jantung manusia berada di atas otak kepala pada saat sujud, sehingga darah bisa mengalir ke otak secara maksimal.

Keterangan di atas memunjukkan bahwa memperbanyak sujud itu akan memperoleh manfaat yang banyak pula. Memperbanyak sujud bisa dijadikan sarana untuk menuju surga karena sujud merupakan posisi seorang hamba paling dekat dengan Allah. Pertemuan dengan Rasulullah juga menjadi motivasi terfavorit untuk terus memperbanyak sujud kepada-Nya. Dan yang tak kalah penting juga, memperbnayak sujud rupanya membuat urat syaraf dan otak semakin sehat. (sumber:BincangSyariah.Com)

 

Latest Articles

Comments