Mahasiswa Unpab Juara II Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional

MEDAN (alfatih-media.com)-Kelompok mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi (Fastek) Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan meraih juara II Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Nasional yang digelar di Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu pekan lalu. Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian Agrofest Agroteknologi Kingdom 2018.

Dalam lomba bertema “Berani Berinovasi Dalam Menciptakan dan Mengembangkan Teknologi Pertanian” itu kelompok mahasiswa Unpab mempresentasikan inovasi alat teknologi pertanian yang diberi nama STS (Smart Tray Seeder).

Kelompok mahasiswa Unpab yang diketuai Wandi Syahputra, anggota Gladys Amanda Daulay dan Syarifah Alfina memaparkan, alat STS  ini dirancang agar dapat membantu petani dalam hal mempercepat waktu pada kegiatan persemaian.

“Inovasi teknologi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan petani pada tingkat ketelitian peletakan benih pada media semai (tray) dan juga tentunya agar lebih menghemat biaya tenaga kerja yang dikeluarkan petani dalam kegiatan persemaian,” kata Wandi Syahputra didampingi anggota kelompok anggota Gladys Amanda Daulay dan Syarifah Alfina serta dosen pembimbing Muhammad Taufiq STP MSi, di kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing Medan, Selasa (6/11/2018).

Dosen pembimbing Muhammad Taufik menambahkan, kemenangan mahasiswa Prodi Agroteknologi ini tidak lepas dari peran serta pimpinan Unpab yang selalu aktif memberikan dukungan terhadap kreativitas mahasiswa agar selalu berprestasi pada setiap kegiatan Tingkat Nasional.

“Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi dan menumbuhkan jiwa semangat mahasiswa Unpab untuk melakukan riset, selalu berkarya dan berinovasi untuk membangun pertanian Indonesia khususnya di Sumatera Utara agar menjadi lebih baik,” tambah dosen Fastek Unpab ini.

Dia pun mengaku, bangga pada tim Unpab mampu bersaing bahkan menjadi juara II dalam even yang diikuti sejumlah perguruan tinggi top di Indonesia itu. Tercatat beberapa perguruan tinggi yang menjadi finalis lomba adalah tuan rumah Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Winaya Mukti, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, dan Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Dijelaskannya, Agrofest Agroteknologi Kingdom merupakan kegiatan yang diselenggerakan setiap tahun pada Tingkat Nasional.  Selain Lomba Inovasi Teknologi, dalam kegiatan ini juga digelar Lomba Essai dan Lomba Olahan Pangan.  (ef)

Latest Articles

Comments