Lima Sosok Perempuan Paling Utama dalam Islam

Alfatih-media.com-Kebanyakan masyarakat Muslim umumnya hanya mengenal tokoh-tokoh dari kalangan laki-laki saja, baik mulai dari sahabat, tabi’in, dan ulama generasi penerus setelahnya. Tokoh-tokoh dari kalangan perempuan jarang disebut sehingga banyak masyarakat Muslim tidak mengetahuinya. Termasuk misalnya, lima sosok perempuan paling utama menurut Islam, bahkan menjadi penghulu ahli surga.

Dalam kitab Hasyiatus Shawi ala Tafsir Al-Jalalain, berikut lima sosok perempuan paling utama dalam Islam;

فافضل النساء خمسة : مريم وخديجة وفطمة و عائشة وآسية بنت مزاحم زوجة فرعون

Perempuan paling utama adala lima; yaitu Maryam, Khadijah, Fathimah, Aisyah, dan Asiyah binti Mazahim, istri Firaun.

Bahkat empat dari lima sosok perempuan paling utama di atas disebut oleh Nabi Saw sebagai sebaik-baik perempuan penghuni surga. Disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin Abbas, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

أفضل نساء أهل الجنة خديجة بنت خويلد وفاطمة بنت محمد ومريم بنت عمران وآسية بنت مزاحم امرأة

Sebaik-baik perempuan penghuni surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Mazahim istri Firaun.

Juga disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani dari Jabir, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

سيدات نساء أهل الجنة بعد مريم ابنة عمران، فاطمة، وخديجة، وآسية امرأة فرعون

Penghulu perempuan ahli surga setelah Maryam binti Imran adalah Fatimah, kemudian Khadijah dan kemudian Asiyah, istri Firaun.

Itulah lima sosok perempuan yang paling utama dalam Islam, berkat kesabaran dalam menjaga keteguhan imannya kepada Allah. (sumber:BincangSyariah.com)

 

 

Latest Articles

Comments