Larangan Anak-anak di Luar Rumah Saat Magrib

Alfatih-media.com-Waktu Magrib adalah waktu peralihan dari siang menuju malam. Biasanya para orang tua akan mencari anaknya yang masih di luar untuk segera pulang. “Surup-surup koq iseh dolanan, senja-senja koq masih bermain.” Begitu biasanya teguran orang tua untuk anaknya yang masih bermain di luar rumah saat senja telah datang.

Bahkan ada sebagian orang tua yang menakut-nakuti anaknya bahwa ketika Magrib datang, maka banyak setan bergentayangan. Larangan orang tua kepada anaknya untuk berada di luar rumah saat senja atau Magrib telah datang sangatlah tepat. Bahkan di dalam kitab Shahih Al-Bukhari terdapat riwayat hadis yang menjelaskan hal ini.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا رَفَعَهُ قَالَ خَمِّرُوا الْآنِيَةَ وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَأَجِيفُوا الْأَبْوَابَ وَاكْفِتُوا صِبْيَانَكُمْ

عِنْدَ الْعِشَاءِ فَإِنَّ لِلْجِنِّ انْتِشَارًا وَخَطْفَةً وَأَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ عِنْدَ الرُّقَادِ فَإِنَّ الْفُوَيْسِقَةَ رُبَّمَا اجْتَرَّتْ الْفَتِيلَةَ

فَأَحْرَقَتْ أَهْلَ الْبَيْتِ. رواه البخاري.

Dari Jabir bin Abdillah r.a. ia memarfu’kannya (kepada Rasulullah saw.) berkata, “Tutuplah bejana-bejana, tempat-tempat minum, pintu-pintu, tahanlah anak-anak kecil kalian (di rumah) ketika Isya’, karena sungguh jin bertebaran dan dapat menculik, dan matikanlah lampu-lampu ketika hendak tidur, karena fuwaisiqah (tikus kecil) terkadang menyenggol sumbu dan bisa membakar pemilik rumah (isi rumah).” (HR. Al-Bukhari).

Riwayat Jabir bin Abdillah r.a. tersebut berhukum marfu’, artinya hadis ini pernah disampaikan oleh Rasulullah saw. secara langsung.

Berdasarkan penjelasan teks hadis di atas, maka sebenarnya larangan anak-anak berkeluyuran ketika malam hari adalah anjuran agama. Imam Abadi di dalam kitabnya Aunul Ma’bud syarah Sunan Abi Daud menjelaskan sebagai berikut.

ضموا صبيانكم إليكم وأدخلوهم البيوت وامنعوهم عن الانتشار “عند العشاء” بكسر العين أي أول ظلام الليل

Tahanlah (dekaplah) anak-anak kalian untuk kalian, masukkanlah mereka ke rumah, dan cegahlah mereka berkeliaran ketika Isya’, yang dengan dikasrah ainnya (bukan asya’), yakni di awal gelapnya malam.

Selain disebabkan waktu petang adalah waktu bertebarannya jin dan setan, waktu petang juga adalah waktu diselenggarakannya salat Magrib. Maka, sangat tepat sekali jika orang tua menyuruh anak-anaknya pulang agar terkontrol pelaksanaan salat wajibnya dengan baik. Wa Allahu A’lam bis Shawab. (sumber:bincangsyariah)

Latest Articles

Comments