Laila Ali Elmi, Muslimah Pertama yang Terpilih Jadi Anggota Parlemen di Swedia

alfatih-media.com- Politikus Somalia-Swedia Laila Ali Elmi telah menjadi muslimah keturunan Afrika Timur pertama yang terpilih menjadi anggota Parlemen Nasional Swedia, Riksdag. Elmi akan mewakili Distrik di Angered Gothenburg.

Distrik Angered Gothenburg adalah rumah bagi 14.000 anggota komunitas Somalia dan komunitas Afrika Timur terbesar di Swedia. Hal tersebut yang membuat Elmi menjadi wakil dari wakil Rusticdag dari daerah Presedif.

“Saya berasal dari pinggiran kota dan dibesarkan di pinggiran kota, masalah yang penting bagi saya adalah kebijakan sekolah, di daerah yang dirampok secara sosial ekonomi itu adalah sekolah yang sangat buruk, kami harus fokus pada sekolah dan itulah pertanyaan yang paling saya akan fokus pada ketika saya memasuki Riksdag,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Hiiraan, Selasa (02/10/2018).

Elmi lahir di Somalia. Keluarganya melarikan diri ke Swedia pada awal 1990-an ketika perang saudara terjadi di negaranya.

Ini bukan pertama kalinya dia mewakili rakyatnya karena dia adalah anggota dewan distrik Angered sejak 2014. Partai Elmi, Partai Hijau, adalah partai terbesar keempat di 349 anggota Riksdag dengan 25 kursi.

Elmi bergabung dengan daftar panjang pemimpin politik kelahiran Somalia yang membuat sejarah dan berkontribusi besar bagi komunitas mereka. Seperti Ilhan Omar dari Amerika, yang berharap untuk mewakili Minnesota di Kongres.

Selain itu, Magid Magid, muslimah kelahiran Somalia juga membuat sejarah dengan menjadi walikota termuda di Sheffield. Sama seperti Elmi, dia telah melayani sebagai anggota dewan dan kemudian menjabat sebagai wakil walikota sebelum pemilihannya. (hiiraan/aboutislam/gm/ef/foto:woha)

Latest Articles

Comments