Keutamaan Istiqamah Membaca Surah Al-Insyirah

Alfatih-media.com-Surah Al-Insyirah atau Alam Nasyrah termasuk surah yang banyak dihafal oleh kebanyakan orang muslim. Surah ini termasuk surah Makkiyah dan terdiri atas delapan ayat serta diturunkan sesudah surah Adh-Dhuha.

Membaca surah Al-Insyirah secara istiqamah dalam waktu tertentu memiliki banyak keutamaan. Dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwa setidaknya terdapat tiga keutamaan membaca surah Al-Insyirah.

Pertama, seseorang yang membaca surah Al-Insyirah secara rutin setelah shalat wajib, maka akan dimudahkan segala urusannya, kesulitan akan dihilangkan dan akan mendapatkan rizeki tanpa diduga-duga.

ومن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai shalat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rizek tanpa diduga-duga.

Kedua, membaca surah Al-Insyirah secara rutin akan mendatangkan kemudahan rizeki, melapangkan dada, menghilangkan rasa malas dalam beribadah.

وقال بعضهم تلاوتها تيسر الرزق وتشرح الصدر وتذهب العسر في الأمور وتصلح لمن غلب عليه الكسل في

الطاعات والتعطيل في المعاش

Sebagian ulama berkata bahwa membaca surah Al-Insyirah dapat memudahkan rizeki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala perkara, memperbaiki orang yang malas dalam beribadah dan orang yang pengangguran dalam  bekerja.

Ketiga, jika dibaca di waktu Dhuha sebanyak dua ratus kali, maka ia akan diberi kemampuan melihat hal-hal yang istimewa dan rahasia-rahasia yang mengherankan.

ومن قرأها كل يوم وقت الضحى مائتي مرة رأى منها الخواص الغريبة والأسرار العجيبة

Barangsiapa membaca surah Al-Insyirah setiap hari pada waktu Dhuha sebanyak dua ratus kali, maka dia akan melihat hal-hal yang istimewa dan rahasia-rahasia yang aneh.

Demikian sebagian keutamaan dan manfaat membaca surah Al-Insyirah secara rutin. Semoga kita diberikan taufiq dan pertolongan oleh Allah sehingga kita bisa membaca surah ini dengan rutin dan istiqamah. (sumber:BincangSyariah.com)

 

Latest Articles

Comments