Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Kepala Botak pada Pria

Alfatih-media.com-Seiring penambahan usia, jumlah rambut seorang pria akan menurun secara alami, bahkan sampai botak. Tidak sedikit yang merasa terganggu dan kehilangan rasa percaya diri karena hal ini. Meski ada cara mengatasinya, namun akan jauh lebih baik mencegah kepala botak sejak dini.

Kebotakan tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan secara bertahap. Awalnya seseorang akan merasakan gejala berupa rambut rontok, rambut mulai menipis yang ditandai dengan kulit kepala yang terlihat lebih jelas, sampai kepala benar-benar botak.

Penyebab Kepala Botak pada Pria

Kebotakan bisa terjadi ketika siklus pertumbuhan dan kerontokan rambut terganggu, atau karena folikel rambut mengalami kerusakan. Untuk memahaminya lebih jauh, di bawah ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kebotakan:

Faktor keturunan
Keturunan atau faktor genetik memegang peran penting dalam menyebabkan kebotakan. Kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia.

Kondisi medis tertentu
Kondisi medis seperti alopecia areata, infeksi kulit kepala, atau trikotilomania, bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kebotakan.

Pengaruh obat-obatan
Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti kanker, gangguan jantung, depresi, atau artritis, bisa menyebabkan rambut rontok.

Pengaruh prosedur medis
Kebotakan bisa dipengaruhi oleh prosedur medis tertentu, seperti terapi radiasi atau kemoterapi. Prosedur ini membuat rambut kesulitan untuk tumbuh kembali.

Pengaruh gaya rambut
Gaya rambut tertentu, terutama yang menyebabkan rambut Anda ditarik dengan sangat kuat, bisa menyebabkan kebotakan. Selain itu, perawatan rambut dengan minyak rambut yang panas bisa memicu terjadinya peradangan pada folikel rambut dan menyebabkan kebotakan secara permanen.

Cara Mencegah Kepala Botak pada Pria

Sebelum kebotakan mengganggu kepercayaan diri anda, sebaiknya anda melakukan langkah pencegahan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kepala botak pada pria, di antaranya:

  • Hindari menggunakan sisir yang terlalu rapat.
  • Usahakan untuk keramas atau membersihkan rambut dengan lembut.
  • Hindari penggunaan obat yang berisiko menyebabkan rambut rontok.
  • Lindungi rambut Anda dari sengatan sinar matahari atau sinar ultraviolet.
  • Hindari penggunaan bahan kimia berlebihan pada kepala, seperti cat rambut.
  • Kurangi pemakaian suhu panas pada rambut, seperti hair dryer atau alat catok.
  • Berhenti merokok, karena rokok bisa memicu terjadinya kebotakan pada pria.
  • Menjalani pola hidup sehat dengan mencukupi istirahat, mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang, serta mengelola stres dengan baik.

Jika anda sudah mengalami gejala-gejala kebotakan, ada berbagai cara untuk  mengatasi kebotakan pada pria. Konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, misalnya penggunaan obat seperti minoxidil atau tindakan khusus seperti transplantasi rambut. (sumber:alodokter)

Latest Articles

Comments