Jelang Natal dan Tahun Baru, PT KAI Siapkan 329.662 Seat

-34.917 Tiket Kereta Api Sudah Terjual-
MEDAN
—Menjelang Natal 22 Desember 2018 dan tahun baru 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional Sumatera Utara, telah menyiapkan sebanyak 329.662 seat atau tempat duduk. Dari jumlah tersebut, pemesanan tiket kereta api sudah terjual sebanyak 34.917 seat untuk semua kelas untuk keberangkatan 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 mendatang.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar kepada wartawan menyebutkan, dari jumlah 34.917 tiket yang sudah terjual, tiket kereta api kelas ekonomi tujuan Medan ke Tanjung Balai menggunakan kereta Putri Deli yang paling banyak diminati. Bahkan, hingga 18 Desember 2018, pemesanan tiket sudah mencapai 27.231 seat dengan jumlah perjalanan 6 kali perjalanan perharinya.

“Sedangkan, untuk kelas ekskutif, tiket yang sudah terjual sebanyak 1.880 seat dan untuk kelas bisnis baru terjual 1.549 seat. Sementara itu, untuk lokal dengan menggunakan kereta api Sri Lelawangsa tujuan Medan-Binjai ada sebanyak 4.257 seat,”katanya di Medan, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, pemesanan tiket menjelang Natal dan tahun baru ini sudah mulai tampak ramai sejak dua minggu yang lalu. Ada juga warga yang melakukan pemesanan tiket sejak jauh hari. Ada yang langsung dari loket distasiun kereta api, ada juga yang melalui pemesanan online diagen-agen pemesanan tiket lainnya.

“Apalagi, kita sudah membuka sejak 90 hari yang lalu. Mungkin, karena takut kehabisan makanya masyarakat sudah melakukan pemesanan tiket dari sejak jauh hari. Tiket ekonomi inikan paling murah,”ujarnya.

Dikatakannya, meskipun pemesanan tiket kereta api untuk kelas bisnis dan ekskutif belum banyak. Namun, bagi penumpang yang ingin mudik ke kampung dengan kereta api dihimbau untuk melakukan pemesanan tiket secepatnya agar tidak kehabisan tiket.

“Karena, bisa saja tiket bisnis dan ekskutif juga habis mendekati Natal.  Apalagi, kita tidak menambah jumlah perjalanan,”ucapnya.

"Manajemen KAI sendiri memprediksi ada kenaikan jumlah penumpang kereta api di Natal dan Tahun Baru 2019 sebesar empat persen. Soal keamanan, KAI terus melakukan perbaikan dalam segala sisi agar layanan angkutan kereta api Natal dan Tahun Baru kepada masyarakat berjalan maksimal. KAI misalnya menyiapkan tenaga keamanan baik dari karyawan internal dan aparat keamanan,”ujarnya.(ef)

Latest Articles

Comments