Iran Perkaya Uranium Hingga Kemurnian 60 Persen

Iran Perkaya Uranium Hingga Kemurnian 60 Persen

Alfatih-media.com-Iran telah mulai memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen di situs nuklir bawah tanah Fordow, media pemerintah merilis pada Selasa (22/11/2022). Tindakan tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas permintaan pengawas nuklir PBB untuk lebih banyak kerja sama dari Teheran.

Iran sudah memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen di tempat lain, jauh di bawah sekitar 90 persen yang dibutuhkan untuk bahan kelas senjata tetapi di atas 20 persen yang diproduksi sebelum perjanjian 2015 dengan negara-negara besar untuk membatasi pengayaan sebesar 3,67 persen.

“Dalam sebuah surat kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Iran telah memberi tahu badan tersebut bahwa mereka telah mulai memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen di situs Fordow,” lapor kantor berita semi-resmi ISNA, menambahkan bahwa itu adalah tanggapan keras terhadap resolusi terbaru agensi.

Dewan Gubernur IAEA yang beranggotakan 35 negara pada pekan lalu mengeluarkan resolusi yang memerintahkan Iran untuk segera bekerja sama dengan penyelidikan badan tersebut terhadap jejak uranium yang ditemukan di tiga situs yang tidak diumumkan.

Jaringan SNN Iran mengatakan Teheran juga akan membangun satu set sentrifugal baru di situs nuklir Natanz dan Fordow. Pada bulan Juni, Reuters melaporkan bahwa Teheran meningkatkan pengayaan uraniumnya lebih lanjut dengan mempersiapkan penggunaan sentrifugal IR-6 canggih di situs Fordow, yang dapat dengan mudah beralih di antara tingkat pengayaan.

Resolusi IAEA adalah yang kedua tahun ini yang menargetkan Iran atas penyelidikan, yang telah menjadi hambatan untuk pembicaraan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir karena Iran telah menuntut penyelidikan diakhiri. Kementerian Luar Negeri Iran pada hari Senin (21/11/2022) menolak resolusi itu, menyebutnya bermotivasi politik. (berbagai sumber)

 

 

 

Latest Articles

Comments