Iran Mengatakan Tidak Ada Solusi Militer untuk Suriah

Alfatih-media.com-Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan “tidak ada solusi militer” untuk Suriah pada hari Rabu (1/7) selama konferensi video dengan rekan-rekan Rusia dan Turki tentang negara yang dilanda perang

“Republik Islam percaya satu-satunya solusi untuk krisis Suriah adalah solusi politik dan bukan solusi militer,” kata Rouhani dalam pidato pembukaan yang disiarkan televisi.

“Kami terus mendukung dialog antar-Suriah dan menggarisbawahi tekad kami untuk memerangi terorisme Daesh (akronim Arab untuk kelompok ISIS), al-Qaeda dan kelompok terkait lainnya.”

“Saya menekankan bahwa perang melawan terorisme akan berlanjut sampai benar-benar diberantas di Suriah dan wilayah secara umum,” tambahnya.

Rouhani membuat pernyataan dalam konferensi video dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitra Turki Recep Tayyip Erdogan.

Setelah menyampaikan pernyataan pembukaan, ketiga presiden diperkirakan akan membahas Suriah secara pribadi.

Pembicaraan itu adalah yang pertama sejak September dalam format yang disebut Astana, di mana tiga kekuatan membahas perkembangan di Suriah, di mana konflik telah memasuki tahun ke-10.

Iran dan Rusia telah menjadi pendukung setia Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Turki menyerukan penggulingannya dan mendukung para pejuang oposisi.

Konflik telah menewaskan lebih dari 380.000 orang dan jutaan pengungsi. (Sumber: Alarabiya.net)

Latest Articles

Comments