Iran Langsungkan Pemakaman Ilmuwan Nuklir yang Dibunuh

Alfatih-media.com-Iran melangsungkan pemakaman Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan pendiri program nuklir militer negara itu yang baru-baru ini terbunuh.

Televisi pemerintah menyiarkan secara langsung acara pemakaman yang berlangsung pada Senin (30/11/2020). Tayangan gambar laporan televisi menunjukkan, peti mati Fakhrizadeh diusung sejumlah tentara kehormatan ke sebuah podium di mana sejumlah qari sedang membaca Al-Quran di area luar kantor Kementerian Pertahanan di ibu kota Iran, Teheran.

Para pejabat, termasuk Menteri Pertahanan Jenderal Amir Hatami, menghadiri upacara tersebut. Mereka terlihat duduk berjauhan satu sama lain dan mengenakan masker karena pandemi virus corona.

Fakhrizadeh tewas dalam penyergapan ala militer di pinggiran Teheran, Jumat (27/11/2020). Laporan-laporan menyebutkan, sebelum kematiannya sebuah truk berisi bom meledak. Tak lama kemudian, sejumlah orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah ilmuwan tersebut.

Associated Press, Sabtu (28/11/2020), melaporkan Menteri Luar Negeri Iran menuduh pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh mengandung “indikasi serius” atas peran Israel, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Israel, yang lama diduga membunuh beberapa ilmuwan nuklir Iran pada satu dekade lalu, menolak berkomentar. PM Israel Benjamin Netanyahu pernah mengatakan kepada publik untuk mengingat nama itu ketika berbicara tentang Fakhrizadeh.

Meskipun tidak ada yang mengaku, bertanggung jawab atas serangan itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menuding Israel, menyebut pembunuhan itu sebagai tindakan teror negara. Serangan itu terjadi hanya beberapa hari sebelum peringatan 10 tahun pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Majid Shahriari yang juga dituduhkan kepada Israel. (Sumber: berbagai sumber)

Latest Articles

Comments