Ini yang Membuat Setan Takut terhadap Umar bin Khattab

Alfatih-media.com-Setan dengan segala tipu dayanya akan berusaha sekuat tenaga menjerumuskan umat manusia ke dalam jurang neraka hingga hari kiamat kelak. Namun rupanya, ada sesosok manusia yang sangat ditakuti oleh setan. Bahkan untuk berpapasan dengan sosok tersebut pun setan tak berani. Lalu siapakah seseorang yang sangat ditakuti oleh setan?

Rupanya setan sangat takut terhadap salah satu sahabat Rasulullah SAW yang bernama Abu Hafsh Umar al-Faruq bin Khattab atau yang akrab disapa dengan nama Umar bin Khattab. Khalifah Umar bin Khattab merupakan salah satu dari empat khalifah Islam yang memiliki karakter tegas, bijaksana, dan banyak ditakuti oleh kaum Quraisy pada saat itu. Sebelum memeluk Islam, Umar bin Khattab memang sangat menentang Islam dan melakukan perbuatan kasar terhadap kaum muslimin. Namun atas kehendak Allah, Umar bin Khattab mendapatkan hidayah dan mau memeluk agama Islam.

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa setan sangat takut terhadap Khalifah Umar bin Khattab. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya setan benar-benar takut padamu wahai Umar. Tatkala aku duduk budak wanita itu memukul rebana, lalu masuk Abu Bakar, ‘Ali dan Utsman, dia masih memukul rebana, tatkala dirimu yang datang budak wanita itu melemparkan rebananya.” (HR. Tirmidzi)

Bahkan, setan pun sangat takut untuk berpapasan dengan Umar bin Khattab. Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Ibnul al-Khaththab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tanganNya, sesungguhnya tidaklah setan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui.” Sedangkan dalam hadist lain Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari ‘Umar.” (HR. Tirmidzi)

Lalu sesungguhnya mengapa setan merasa sedemikian takutnya terhadap Khalifah Umar bin Khattab? Pertama, karena Umar bin Khattab memiliki keimanan yang sangat kokoh. Setelah masuk Islam, keimanan Umar bin Khattab terhadap Allah dan Islam benar-benar tak tergoyahkan.

Buktinya, Umar memberitahu semua petinggi Quraisy dan kaum Quraisy bahwa ia sudah masuk Islam di saat orang lain lebih memilih sembunyi-sembunyi masuk Islam karena takut disiksa. Dengan perawakan yang tinggi dan handal dalam bertarung, tak ada satu pun orang Quraisy yang berani menghalangi niatan Umar bin Khattab.

Kedua, setan takut terhadap Umar bin Khattab karena Umar tidak tergoda dengan hal-hal duniawi. Sebagian besar umat Islam terjerumus dalam dosa dan melalaikan ibadah karena terlalu sibuk dengan urusan duniawi dan setan sangat menyukai orang-orang yang mencintai kesenangan duniawi.

Namun berbeda dengan Umar, ia tidak tergoda sama sekali dengan duniawi dan bahkan ia rela menyumbangkan hartanya pada saat umat Islam mengalami kekalahan dalam perang Uhud. Tak hanya tidak tergoda dengan harta, keimanan Umar pun tak tergoyahkan oleh jabatan ataupun perempuan.

Ketiga, setan takut terhadap Umar bin Khattab karena Umar merupakan sosok pemimpin yang sangat adil dan bijaksana. Ia sangat tegas dalam menjalankan hukum dan tak segan untuk turun tangan dalam mengurus rakyatnya. Ia gemar melihat kondisi rakyatnya di malam hari dan membantu rakyatnya yang kesusahan. Meskipun Umar memiliki karakter yang tegas dan keras, Umar begitu dicintai oleh rakyatnya karena Umar sangat lemah lembut dan baik hati.

Dengan ketiga hal tersebut, Umar bin Khattab begitu ditakuti oleh setan. Pasalnya, setan tahu jika ia tidak akan bisa menggoda Umar bin Khattab meski hanya sedikitpun. Dengan demikian, kita dapat memetik pelajaran bahwa ternyata setan takut dengan orang yang kuat imannya seperti Khalifah Umar bin Khattab. Wallahu a’lam. (sumber: islami.co)

 

Latest Articles

Comments