Ini Tiga Perbuatan yang Bisa Menimbulkan Laknat

Alfatih-media.com-Dijelaskan dalam kitab Umdatul Qaariy, bahwa sesuatu yang bernama laknat itu menjauhkan seseorang dari rahmat Allah dan pahala-Nya. Jika disebutkan tentang tiga hal yang bisa mendatangkan laknat Allah, secara tidak langsung sesuatu tersebut pasti membuatnya jauh dari rahmat Allah.

Mengenai tiga tempat tersebut, ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang menyebutkan sebagai berikut:

وقال صلى الله عليه وسلم اتقوا الملاعن الثلاث قيل ما لملاعن الثلاث يا رسول الله قال أن يقعد أحدكم في ظل

يستظل به او في طريق او في نقع ماء

Rasulullah bersabda: takutlah kalian pada tiga tempat yang bisa menimbulkan laknat Allah. ditanyakan “apa yang bisa menimbulkan laknat Allah wahai Rasulullah? ” beliau enjawab: “yaitu salah satu dari kalian kecing di bawah tempat yang teduh, yang biasa digunakan berteduh, di jalan atau di air”

Tiga hal tersebut adalah berhubungan dengan etika kencing tak yang beraturan. Kencing di tempat yang teduh, kencing di tempat yang biasa digunakan berteduh, dan juga kencing di jalan atau air adalah cerminan orang yang tidak memperhatikan orang dan alam sekitar yang terkena kotoran dan najisnya.

Jika seseorang  kencing di tempat yang biasa digunakan berteduh, lantas orang yang akan berteduh akan menghirup aroma yang tidak sedap. Hal tersebut secara tidak langsung sudah mengganggu kelangsungan hidup orang lain.

Rasulullah pernah berpesan untuk memperhatikan cara kencing yang baik dan membersihkannya, sebab tidak sedikit orang yang akan mendapatkan siksa subur hanya karena kencing. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda:

أَكْثَرُ عَذَابِ الْقَبْرِ فِي الْبَوْلِ

Beberapa hadis di atas mengingatkan kita kembali untuk lebih berhati-hati dalam  membuang air kecil, terlebih bagi seorang lelaki. Jika memang terpaksa ingin kencing dalam sebuah rute  perjalanan, maka carilah tempat yang memang aman untuk diri sendiri dan orang lain, tentunya juga jauh dari pandangan manusia. Sebab kencing di tempat orang lalu lalang adalah satu hal yang peru diwaspadai agar tidak menimbulkan laknat juga. (sumber:BincangSyariah.Com)

Latest Articles

Comments