Ini Tiga Kriteria Hamba yang akan Merasakan Manisnya Iman

Alfatih-media.com-Dalam Islam, iman merupakan hal sangat mendasar dan sangat penting dan tidak semua orang dapat merasakan manisnya iman. Rasulullah menyebutkan dalam sebuah hadis hanya orang-orang yang memiliki kriteria berikut ini yang dapat merasakannya

عن أنس ، عن النبي صلى الله عليه وسلم ، قال : ثلاث من كن فيه وجد

حلاوة الإيمان : أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سواهما ، وأن يحب

المرء لا يحبه إلا لله ، وأن يكره أن يعود في الكفر كما يكره أن يقذف في

النار

Dari Anas Ra, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Ada tiga hal yang mana jika ada pada diri seseorang maka ia akan mendapatkan manisnya iman; jika Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, jika ia mencintai seseorang karena Allah, jika ia benci kembali pada kekafiran sebagaimana ia tidak suka jika dilempakan ke neraka.” (HR.Bukhari)

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebutkan, jika tiga kriteria tersebut ada dalam diri seorang muslim maka ia telah sampai pada derajat tertinggi keimanan. Pada derajat tersebut seseorang akan merasakan manisnya keimanan yang mana hanya bisa dirasakan oleh hati yang memiliki kesempurnaan iman.

Kriteria pertama, jika cintanya kepada Allah Swt dan Rasul-nya lebih besar dari dunia dan segala isinya. Jika Allah dan Rasul-Nya merupakan pusat cintanya maka ia akan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya dengan hati ikhlas.

Kriteria kedua, jika cintanya kepada seseorang didasari karena cinta kepada Allah Swt sehingga rasa cinta itu bukan didasari oleh hawa nafsu melainkan karena keimanan kepada-Nya.

Kriteria ketiga, jika ia tidak suka kembali pada kekafiran sebagaimana ia benci dan takut dilemparkan ke neraka. Kembali pada kekafiran yakni jika ia tidak lagi beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta keragukan kekuasaan-Nya. (sumber:BincangSyariah.Com)

 

Latest Articles

Comments